Tersulut Bakaran Sampah, Bekas Pabrik Pengolah Plastik di Pandaan Dilalap Api

736

Pandaan (WartaBromo.com) – Kebakaran terjadi di bekas pabrik pengolahan limbah plastik PT. Naga Buana, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (14/12/2019). Tersulut pembakaran sampah diduga jadi penyebabnya.

Aripin, salah satu warga yang mengetahui kebakaran itu mengatakan, kemungkinan ada orang yang membakar sampah di pojok bangungan bekas pabrik tersebut.

“Kemungkinan orang itu gak tahu kalau ada bekas plastik di bawah. Memang tertutup alang-alang kering,” ungkap Aripin.

Saat itu kepulan asap hitam dilihatnya membubung tinggi. Ia kebetulan langsung memberitahukan kepada Sugiardi, pimpinan PT Bima Sakti yang bangunannya berada tepat di sebelah lokasi kebakaran.

Tak ingin api merembet ke pabriknya, Sugiardi segera saja melaporkan amukan api itu ke PMK Kabupaten Pasuruan.

Tepat pukul 10.08 WIB PMK dari kabupaten datang. Pada pukul 10.30 WIB terlihat 1 mobil tanki air dari Pandaan ikut membantu, memasok kebutuhan air pemadam kebakaran.

Besarnya api dan kencangnya angin membuat upaya pemadaman berlangsung cukup lama. Lebih-lebih material yang dilalap api berupa limbah plastik, sehingga pemadaman cukup sulit dilakukan.

Hingga 13.15 WIB, petugas masih melakukan pembasahan di seputar tumpukan limbah plastik terbakar.

Meski terdapat kerugian material, peristiwa kebakaran ini dilaporkan tak terdapat korban jiwa.

Sekadar catatan, sebelumnya pabrik PT Naga Buana, pernah terbakar di tahun 2018. “Iya, kalau tahun lalu itu pada bulan November,” ungkap Bripka Dedik Setiawan, anggota Reskrim Polsek Pandaan.

Ia juga mengatakan, setelah kebakaran di tahun lalu, pabrik ini diketahui tidak terdapat aktivitas lagi. “Kosong, di tinggal sama pemiliknya,” imbuh Bripka Dedik.

Informasi yang didapat WartaBromo, pabrik ini dimiliki oleh Haris, seorang warga dari Surabaya. Selanjutnya, untuk keperluan penyelidikan, polisi memastikan segera memanggil sang pemilik gudang terbakar tersebut.

“Namun, untuk penyelidikan lebih lanjut kami akan koordinasi dengan Kanit Reskrim Polsek Pandaan,” pungkas Bripka Dedi. (trn/ono)