Deretan Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

377
Angela Merkel - Jerman

Pasuruan (Wartabromo.com) – Peran wanita dalam segala aspek, kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya, wanita-wanita berikut memiliki pengaruh besar bagi dunia.

Siapa mereka?

Mengutip Kompas, di akhir tahun 2019, majalah Forbes mengumumkan 100 perempuan paling berpengaruh di dunia. Dari deretan nama hebat tersebut, ternyata ada wanita asli Indonesia. Ia adalah Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI yang menempati posisi ke-76.

Selain Sri Mulyani, nama-nama lain wanita yang menempati posisi 5 teratas di dunia. Berikut daftarnya!

1. Angela Merkel – Jerman

Urutan pertama ditempati oleh wanita asal Jerman bernama Angela Merkel. Ia adalah kanselir Jerman yang menjabat sejak 2005 hingga 2020 mendatang.

Merkel merupakan pemimpin berpengaruh di Eropa. Ia memimpin suatu sistem ekonomi terbesar di kawasan ini. Sebelumnya, ia berhasil mengendalikan krisis keuangan yang dialami oleh Jerman hingga membuatnya kembali bertumbuh.

Wah, keren ya?

2. Christine Lagarde – Perancis

Nama selanjutnya, Christine Lagarde. Wanita asal Prancis yang menjadi wanita pertama sebagai Presiden Bank Sentral Eropa. Lagarde berada di jabatan tersebut mulai 1 November 2019 lalu.

Posisi ini mengharuskannya memikul tanggung jawab kebijakan moneter Eropa selama masa ketidakpastian geopolitik dan melambatnya pertumbuhan ekonomi di Benua Putih.

Sebelum di Bank Sentral Eropa, Lagarde menjalankan Dana Moneter Internasional yang berfungsi untuk memastikan stabilitas sistem moneter global.

Dalam suatu kesempatan, Lagarde pernah menyebut, perempuan juga penting diberi kesempatan menduduki posisi-posisi strategis yang selama ini banyak diduduki kaum laki-laki.

3. Nancy Pelosi – Amerika Serikat

Tempat ketiga, diduduki oleh Nancy Pelosi asal Amerika Serikat. Nancy adalah ketua DPR ke-52. Ketua DPR tersebut merupakan jabatan tertinggi di AS bagi seorang perempuan.

Nancy pernah mengambil langkah berani dengan melakukan proses impeachment. Hal itu dilakukan sebagai awalan untuk melawan Presiden Trump.

4. Ursula von der Leyen – Jerman

Ursula von der Leyen, politisi asal Jerman berhasil menempati posisi ke-4. Pada 2015 hingga 2019, Ia bertugas di Kabinet Angela Merkel sebagai Menteri Pertahanan Jerman.

Sejak 1 Desember 2019 lalu, Ursula menjabat sebagai Presiden Komisi Eropa. Ia menjadi perempuan pertama yang berhasil menduduki posisi tersebut. Di masa kepemimpinannya, ada 11 Komisioner perempuan dan 15 laki-laki.

Sebagai Presiden Komisi Eropa, Ia bertanggung jawab atas kebijakan yang akan mempengaruhi lebih dari 700 juta warga Eropa.

5. Mary Barra – Amerika Serikat

Menempati urutan ke-5, yakni Mary Barra, CEO General Motor (GM). Wanita asal Amerika Serikat itu bertugas disana sejak tahun 2014 silam. Selama di GM, Barra telah berinvestasi besar pada kendaraan listrik, mobil self-driving, dan layanan perjalanan-berbagi yang disebut Maven.

Selama ia memimpin, Lada Global Report 2018, perusahaan tempatnya bertugas, berhasil mendapat peringkat pertama untuk kesetaraan gender. Tak hanya itu, November lalu, GM menang atas gugatan terhadap Flat Chrysler terkait dugaan suap.

Sebelumnya, ia memperoleh 21,9 juta dolar Amerika pada tahun 2018. Barra menjadi orang dengan kompensasi tertinggi dari semua pemimpin industri pembuatan mobil Detroid Big Three. (bel/may)