Cara Cek Ponsel yang Tidak Bisa Pakai Whatsapp Tahun Depan

3578

Pasuruan (WartaBromo.com) – Beberapa pekan lagi, sejumlah ponsel tidak bisa digunakan untuk bertukar pesan melalui aplikasi Whatsapp. Ponsel tersebut yakni yang menggunakan sistem operasi lama.

Lalu, bagaimana cara melihat ponsel yang memiliki sistem operasi lawas? Yuk cek sekarang, apakah itu ponselmu?

  1. Buka menu pengaturan pada ponsel kamu, baik Android maupun iPhone.
  2. Gulir berbagai menu di pengaturan sampai menemukan “Tentang Ponsel”. Lalu klik menu tersebut.
  3. Pada Android, akan muncul beberapa pilihan seperti model ponsel. Lalu klik “Informasi Perangkat Lunak”.
  4. Setelah itu akan muncul sejumlah informasi diantaranya nama OS, Android/iPhone. Lalu dibawahnya tertera “Versi Perangkat Lunak”.

Jika versi perangkat lunak milik ponselmu tertera Android versi 2.3.7 Gingerbread dan versi dibawahnya. Atau jika iPhone tertulis versi iOS 7 dan versi sebelumnya. Maka ponselmu tidak akan bisa menggunakan Whatsapp pada Februari 2020 mendatang.

Juru bicara Whatsapp seperti dilansir dari berbagai sumber mengungkapkan penghentian ini karena pembaruan aplikasi Whatsapp membutuhkan RAM yang cukup. Sementara ponsel dan sistem operasi lama tidak bisa mencukupi hal itu.

“Kami menyarankan anda untuk memperbarui (sistem operasi ponsel) ke versi yang lebih baru,” tulis WhatsApp pada laman dukungannya.

Tidak hanya Android dan iPhone dengan OS lama, ponsel Nokia seri S40 dan Windows Phone juga tidak bisa menikmati fitur Whatsapp pada akhir Desember ini.

Pengguna Nokia disarankan menggunakan ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1+. Termasuk JioPhone dan JioPhone 2, supaya tetap bisa bertukar pesan dengan WhatsApp. (may/ono)