Atap Gedung TK Pertiwi Kotaanyar Ambruk Saat Tahun Baru

1047

Kotaanyar (wartabromo.com) – Hujan deras di awal tahun 2020 membawa petaka Kabupaten Probolinggo. Atap bangunan Taman Kanak-kanak (TK) PKK Pertiwi Desa/Kecamatan Kotaanyar, ambruk diterjang angin kencang.

Ambruknya atap ini terjadi pada Rabu malam, 1 Januari 2020 sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu, terjadi hujan lebat dan disertai angin kencang. Kayu-kayu penopang atap genteng tak mampu menahan guyuran yang sudah terjadi sejak pukul 17.00 WIB.

Akibatnya, atap genteng gedung yang berada satu komplek dengan SDN Kotaanyar itu, ambruk. Kayu-kayu patah dan tak bisa digunakan lagi. Sementara, gentengnya hancur berserakan.

“Diduga tak kuat menahan beban. Hujan sejak pagi hari sudah mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Probolinggo, tak terkecuali di sini. Habis maghrib, sudah mulai lebat yang disertai anginnya kencang,” kata Kapolsek Kotaanyar, Iptu Agus Sumarsono saat meninjau lokasi.

Baca Juga :   Gudang Pengolahan Kayu di Pajarakan Terbakar

Kapolsek menuturkan cuaca ekstrem pada awal tahun baru itu, pertama kali terjadi di wilayahnya. Hujan tidak pernah turun di wilayah Kecamatan Kotaanyar dalam 3 bulan terakhir.

“Baru kemarin, kalau sebelumnya tidak ada, bahkan sumur-sumur sebelum turun hujan kemarin banyak yang kering, sumur di Mapolsek juga kering,” ujar Agus.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo pun melakukan pendataan di lokasi.

“Saya harap warga menghindari bangunan atau pepohonan yang berpotensi mudah roboh. Kalau untuk TK di Kotaanyar, hingga saat ini masih dalam proses asesmen anggota,” kata Kalaksa BPBD, Anggit Hermanuadi. (cho/saw)