Benarkah Minyak Telon Tak Baik untuk Bayi?

491

Pasuruan (Wartabromo.com) – Minyak telon, menjadi salah satu perlengkapan bayi yang wajib ada. Baik dalam keseharian maupun ketika bepergian, para ibu tak lupa mengoleskan minyak telon pada si kecil.

Kebiasaan ini dipercaya dapat mejaga suhu tubuh bayi agar tetep hangat. Tapi, ada juga yang ragu memberikan minyak telon kepada buah hati. Sebab panas minyak telon dianggap kurang cocok dan dapat memicu iritasi pada kulit bayi.

Lalu sebenarnya, mana yang lebih baik, antara diberi minyak telon atau tidak?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya bolo mengetahui bahwa minyak telon terbuat dari tiga komposisi, yaitu minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak adas.

Mengutip kumparan, dari ketiga komposisi itu, minyak kayu putih lah yang menimbulkan sensasi hangat. Munculnya sensasi hangat itu berasal dari pelebaran pembuluh darah lokal.

Sekadar diketahui, baik minyak kayu putih, minyak kelapa maupun minyak adas, telah lama digunakan untuk berbagai hal. Misalnya untuk meredakan rasa gatal, melembabkan kulit, hingga menghambat pertumbuhan jamur.

Tak hanya itu, minyak telon juga dapat sedikit mengurangi rasa nyeri. Bahkan, minyak telon disukai para ibu karena mengeluarkan aroma wangi yang khas.

Bagi para ibu yang akan memberikan minyak telon, harap memastikan memilih produk dengan bahan alami dan ramah bagi kulit bayi. Sebab minyak telon tergolong bahan iritan. Apabila digunakan berlebihan dapat menimbulkan ruam pada kulit.

Meski demikian, para ibu tak perlu terlalu khawatir bila ingin memberikan minyak telon pada buah hati. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar minyak telon aman digunakan:

1. Mengoleskan minyak telon secukupnya setelah bayi mandi;
2. Ketika suhu udara sedang tinggi, hindari pemakaian minyak telon terlalu banyak;
3. Hindari pemakaian di area sensitif, seperti wajah atau area selangkangan.
4. Cukup oleskan pada bagian perut, punggung, lengan dan tungkai bawah.
5. Pastikan, si kecil tidak alergi minyak telon.

Jadi, boleh saja memberikan minyak telon kepada buah hati, asal memperhatikan hal-hal seperti yang dijelaskan di atas ya. (bel/may)