Bolo, Catat Waktu Puncak Gerhana Bulan Penumbra Yuk!

2203

Pasuruan (WartaBromo.com) – Warga di Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang kembali bisa mengamati Gerhana pada Sabtu (11/1/2020). Kali ini ada Gerhana Bulan Penumbra yang bakal menyapa warga.

Berdasarkan data Badan Meorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana kali ini merupakan berasosiasi pada gerhana bulan pada 2001 lalu. Gerhana bulan dengan asosiasi yang sama bakal bisa diamati kembali pada 21 Januari 2038.

Dian Yudha Risdianto, Kepala LAPAN Pasuruan mengungkapkan tiga fase gerhana bulan untuk wilayah Indonesia bagian barat.

“Untuk Waktu Indonesia Barat (WIB), fase gerhana mulai pada pukul 00.05 WIB. Lalu puncak gerhana akan berlangsung pada pukul 02.10 WIB. Sementara fase gerhana berakhir tepat pada pukul 04.14 WIB,” ujarnya.

Baca Juga :   Putra KH Hasyim Muzadi Meninggal Laka di Tol, hingga Tragedi Berdarah di Pilkades Kunir Kidul | Koran Online 19 Des

Proses gerhana bulan kata Dian bisa diamati secara langsung. Sementara saat ditanya soal efek dari gerhana yang disebut-sebut bisa menyebabkan banjir rob bagi warga pesisir, Dian buka suara.

“Keterkaitannya kecil,” singkatnya.

Selain gerhana bulan penumbra, pada 2020 ini ada beberapa gerhana yang bisa diamati di Indonesia. Gerhana tersebut yakni Gerhana Bulan Penumbra pada 6 Juni dan 20 November, lalu Gerhana Matahari Cincin pada 21 Juni. (may/ono)