Mau Prediksi Jenis Kelamin Jabang Bayi? Kenali Mitos & Faktanya

1125

Pasuruan (Wartabromo.com) – Mengetahui jenis kelamin jabang bayi menjadi hal yang dituggu bagi pasangan suami istri. Berbagai mitos pun berkembang di masyarakat terkait tanda-tanda jenis kelamin anak saat hamil.

Dirangkum dari beberapa sumber, disebutkan, ada beberapa tanda yang dipercaya dapat mengetahui jenis kelamin jabang bayi. Mulai dari bentuk perut, kondisi kulit, detak jantung, tingkat mual hingga jenis ngidam makanan. Siapa sangka, mitos ini masih dipercaya hingga sekarang.

Mau tau? Begini tanda-tandanya…

1. Bentuk Perut

Bentuk perut membulat sempurna dan ke arah bawah, sering dipercaya sebagai tanda si ibu sedang mengandung anak laki-laki. Sedangkan, saat perut ibu terlihat tinggi atau menonjol ke atas, tanda hamil anak perempuan.

Padahal secara medis, bentuk perut belum dapat dijadikan acuan pasti dalam menentukan jenis kelamin. Pasalnya, tampilan perut ibu hamil bervariasi tergantung jenis tubuh dan tahapan kehamilannya.

2. Jenis Kulit

Beberapa orang percaya, memiliki kulit berminyak dapat berarti ibu tengah mengandung bayi perempuan. Sebaliknya, kemunculan banyak jerawat saat masa kehamilan, dianggap sebagai tanda janin yang dikandung adalah laki-laki.

Secara ilmiah, kondisi kulit yang dialami semasa hamil erat kaitannya dengan hormon. Bisa juga akibat pola makan yang berubah semasa hamil.

Jadi, gak ada kaitannya ya bolo.

3. Detak Jantung

Beberapa orang percaya, denyut jantung janin anak perempuan lebih tinggi dibandingkan denyut jantung dari anak-anak laki-laki. Jika denyut jantung ibu hamil per menit di bawah 140 kali berarti sedang mengandung anak laki-laki. Sebaliknya, jika kecepatan detak jantung lebih dari 140 denyut per menit berarti ibu mengandung bayi perempuan.

Teori ini dibantah oleh para peneliti. Mereka tidak menemukan perbedaan signifikan antara denyut jantung pada janin laki-laki dan perempuan. Denyut jantung pada janin bervariasi, sesuai dengan pergerakan dan perkembangan usia kandungan.

4. Tingkat Mual

Kondisi ibu hamil yang lebih jarang mengalami morning sickness menandakan kalau sedang hamil anak laki-laki. Berbeda dengan ibu hamil yang mengandung anak perempuan. Mereka akan mengalami rasa mual di sepanjang hari.

Padahal, kondisi morning sickness akan berbeda-beda pada setiap ibu hamil. Jadi tidak bisa disamaratakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi ya bolo.

5. Jenis Ngidam Makanan

Wanita yang ngidam makanan manis, dipercaya sedang hamil anak perempuan. Ketika ngidam makanan bercita rasa asin, mungkin mengindikasikan seorang anak laki-laki.

Teori satu ini juga masih dipercaya hingga sekarang. Tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jenis ngidam makanan selama kehamilan dapat menunjukkan jenis kelamin bayi.

Pasalnya, umumnya wanita hamil tidak hanya mengidam karena jenis makanan tertentu saja. Mereka bisa ngidam berbagai macam makanan. Kalaupun si ibu sedang ngidam makanan tertentu saja, artinya ada perubahan kebutuhan gizi selama masa kehamilan.

So, apapun jenis kelamin jabang bayi yang dikandung semoga sehat dan bisa lahir dengan selamat. Jika ingin mengetahui jenis kelamin jabang bayi, dapat menggunakan teknologi USG. Teknologi yang digunakan yakni gelombang suara frekuensi tinggi sehingga dapat memberi gambaran bayi dalam rahim. (bel/may)