Begini Dampak Ketika Anak Makan Sambil Bermain

543

Pasuruan (Wartabromo.com) – Salah satu hal yang sering membuat ibu memutar otak adalah mencari cara agar buah hatinya lahap makan. Alternatif yang sering dipilih yakni dengan mengajaknya bermain.

Cara tersebut dinilai efektif agar mereka tak rewel saat makan. Tapi, cara itu ternyata tak baik lho.

Merangkum dari beberapa sumber, mengajak anak berjalan-jalan atau bermain ketika makan, justru membuat anak tak sadar bahwa ia sebenarnya sedang makan. Anak juga tak dapat menikmati makanannya atau menikmati waktu bermainnya.

Ya, si kecil menjadi sulit fokus dan berkonsentrasi. Padahal, mengajarkan konsentrasi dan fokus pada anak bisa dilakukan ketika makan.

Apalagi, keterampilan untuk membagi waktu antara fokus untuk makan atau bermain juga tak akan dikuasai. Kelak, ia tidak akan pandai memilah mana prioritas yang harus dikerjakan sebelum pindah ke kerjaan lain.

Keterampilan bicaranya juga akan terganggu. Mulut anak yang penuh makanan saat bermain, jelas akan menggangu keterampilan bicaranya. Pasalnya, anak akan fokus untuk mengunyah dan menelan, atau bahkan menyimpan makanannya dibdalam mulut, alih-alih mengobrol dengan orang di sekelilingnya.

Tak sampai disitu, makan atau minum sambil melompat-lompat di taman bermain, atau sambil berlarian, membuat si kecil tak akan mengenal bagaimana aturan makan yang baik dan rapi. Padahal, waktu makan dapat digunakan untuk mengajarkan etika kepada buah hati.

Dari sisi kesehatan, kemungkinan tersedak saat makan sambil bermain juga besar. Risikonya dapat menghambat pernapasan anak dan berakibat fatal.

Waduh jangan sampai deh ya! (bel/may)