Pneumokokus, Penyakit Mematikan Kerap Serang Anak Rentan

471

Pasuruan (Wartabromo.com) – Usia Balita ataupun anak-anak rentan sakit. Pasalnya, daya tahan tubuh mereka masih lemah, hingga mudah terserang penyakit.

Mengutip detikHealth, penyakit yang perlu diwaspadai para orang tua salah satunya pneumokokus. Penyakit satu ini diakibatkan oleh bakteri streptococcus pneumoniae.

Adanya bakteri ini dapat menyebabkan pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis (radang selaput otak), sepsis (peradangan di seluruh tubuh), sinusitis (pembengkakan pada sinus), hingga otitis media (infeksi telinga).

Nah, anak-anak yang sistem imunnya tak baik, akan mudah terinfeksi. Sedangkan anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh kuat akan dapat bertahan dalam serangan infeksi bakteri ini.

Berdasarkan data, penyakit ini telah merenggut nyawa sebanyak 800 ribu Balita di dunia setiap tahunnya. Selain itu, ada sekitar 2.200 anak meninggal setiap harinya.

Bakteri streptococcus pneumoniae.

Bakteri satu ini memang sangat ganas. Pasalnya, tubuh bakteri dilindungi oleh semacam kapsul yang resisten (kebal) terhadap banyak antibiotik. Tapi tak usah khawatir, pneumokokus masih dapat dicegah dengan melakukan vaksin.

Berdasarkan penelitian di Brazil, disebutkan, vaksin dapat menurunkan sekitar 80% pneumonia pada anak di bawah usia 2 tahun dan 20% menurunkan meningitis.

Selain vaksin, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah pneumonia. Di antaranya, selalu cuci tangan dengan benar, jaga jarak dengan orang sakit, tutup mulut saat bersin atau batuk, serta hindari paparan asap rokok. (bel/ono)