Viral! Ngaku-ngaku Habib Pria ini Diduga Tipu Banyak Orang, Dalihnya Cari Sumbangan

8671

Pasuruan (WartaBromo.com) – Seorang pria di Pasuruan diduga penipu viral di media sosial. Modus pria ini kerap mengaku-ngaku habaib, menjerat korban dengan dalih sumbangan.

Mengemukanya perilaku pria diduga penipu itu di antaranya diunggah oleh akun Hasbulloh Hasbulloh di grup Facebook Purwosari Hebat.

Pada visual yang diunggah, pria ini dituliskan bernama Sholeh Al Amry. Pada keterangan foto diungkapkan, bila Sholeh Al Amry telah menipu banyak orang dengan dalih meminta sumbangan acara haul.

Termasuk Haul Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf,” tulis akun Hasbulloh Hasbulloh.

Unggahan itu pun segera mendapat respon dari anggota grup lainnya. Komentar-komentar bernada empati hingga olok-olok pun bermunculan.

Semoga segera dapat hidayah,” tulis akun atas nama Nauval Putra Bungsu.

Gaonok ceritane habib kliaran ngene iki karo gowok omplong barang.. hhhhhhh,” tulis akun bernama Aconk Sambo.

Permisi haul itu apa?” tulis akun bernama Keva.

Tapi tak lama kemudian, ada akun bernama Eko Syaihuddin mengunggah video berdurasi 45 detik yang mempertontonkan Sholeh Al Amry diamankan oleh tentara.

Berdasar informasi yang diperoleh WartaBromo, Sholeh Al Amry tidak hanya melakukan penipuan untuk acara Haul Habib Jafar bin Syaikhon Assegaf. Namun sebelum-sebelumnya ia juga sering menipu orang dengan modus yang sama.

Sampai saat ini belum diperoleh keterangan, apakah aksi dugaan penipuan yang dilakukan pria ini telah dilaporkan ke pihak kepolisian.

Selain itu, penjelasan dan sikap polisi, berkenaan dengan dugaan tipu-tipu yang meresahkan warga itupun belum didapatkan. (tof/ono)