Poncol Akan Jadi Sentra UKM dan Mall Pelayanan Publik

914

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setelah mangkrak hampir 5 tahun, Mall Poncol akan segera direvitalisasi Pemkot Pasuruan. Rencananya, bangunan tersebut akan digunakan sentra UKM dan mall pelayanan publik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Mualif Arif mengungkapkan, proyek revitalisasi tersebut rencananya akan dilaksanakan mulai tahun ini.

Pemkot telah menyiapkan anggaran senilai Rp 1,9 Miliar untuk proyek ini. Nantinya lantai satu mall akan digunakan sebagai sentra UKM, sementara lantai dua untuk pelayanan publik.

“Kami memiliki banyak binaan UKM, nanti mereka yang akan menempati,” ujar pria yang akrab disapa Ayik tersebut.

Saat ini Disperindag telah memiliki sekitar 20-an UKM binaan se-Kota Pasuruan. UKM tersebut di antaranya makanan, minuman, batik, hingga logam.

Saat disinggung mengenai mall yang cukup lama mangkrak Ayik menjelaskan, bila Pemkot selama ini telah menawarkan ke sejumlah pihak ketiga.

Beberapa pihak sempat tertarik untuk menyewa, bahkan juga melakukan survei. Tapi kemudian setelah melakukan survei tempat, pihak ketiga dimaksud urung menyewa.

Akhirnya setelah melalui serangkaian proses, termasuk audiensi dengan DPRD Kota Pasuruan, diputuskan Pemkot akan mengelolanya sendiri.

“Praktis, jika sesuai rencana, mungkin tahun depan baru mulai operasi,” imbuh Ayik. (tof/ono)