Warga Disebut Lebih Percaya Ningsih Tinampi Timbang Dokter, Dinkes : Tidak Benar

5815
Ningsih Tinampi saat mengobati pasien. Foto : Akhmad Romadoni.

Pandaan (WartaBromo.com) – Pasien pengobatan alternatif Ningsih Tinampi membludak. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur pastikan hal ini tak ada kaitan dengan tingkat kepercayaan warga ke pengobatan medis.

Dian Islami, Kabid Pelayanan Kesehatan Provinsi Jatim mengatkan, pasien Ningsih Tinampi kebanyakan berasal dari non medis. Mereka mendapatkan gangguan yang tidak berkaitan dengan kesehatan.

“Ini adalah sesuatu yang berbeda. Kepercayaan masyarakat ketika mereka diganggu makhluk halus lalu ke Ningsih Tinampi. Banyak pasien yang non medis,” jelasnya.

Ditambahkan Dian, jika pasien menderita penyakit yang berkaitan dengan medis, maka Ningsih akan mengembalikan untuk diperiksa dokter. Sehingga hal ini tidak berpengaruh dengan kepercayaan masyarakat pada tenaga kesehatan.

Baca juga : Datangi Ningsih Tinampi, Begini Kata Dinkes Provinsi Jatim

“Tidak benar kalau dikatakan bahwa masyarakat tidak mempercayai hal (pengobatan, red) medis,” tegasnya.

Seperti diketahui, pengobatan alternatif Ningsih Tinampi didatangi rombongan dari Pemprov Jatim. Diantaranya Dinas Kesehatan, Kejaksaan Negeri hingga Kepolisian. Penanganan pengobatan alternatif ini, jadi pantauan untuk dapat dipastikan kenyamanan dan keamanannya. (don/may/ono)