Pasuruan Bakal Punya Tol Lagi Lho!

6934
Tol Mojokerto-Kertosono. Foto sebagai ilustrasi.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kabupaten Pasuruan bakal punya jalan tol lagi. Kali ini menghubungkan Gempol-Mojokerto.

Rencana tersebut telah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019. Jalur bebas hambatan Gempol-Mojokerto itu disebutkan masuk dalam bagian dari program percepatan pembangunan ekonomi Jawa Timur.

Belum diketahui berapa panjang rute jalan cepat yang menghubungkan kedua daerah itu. Namun, merujuk dokumen tersebut, estimasi anggaran diperkirakan mencapai Rp 4,8 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasuruan, Ihwan membenarkan adanya rencana tersebut. “Betul, itu masuk proyek strategis nasional,” katanya via seluler, Jumat (6/02/2020).

Akan tetapi, pihaknya belum mengetahui secara detail ihwal rencana tersebut. “Belum ada. Di rencana tata ruang juga belum kami masukkan,” jelas mantan kepala Dinas Pertanian ini.

Baca Juga :   Warga Tutur Ngamuk Buang Sampah di Jalanan, Begini Cerita dan Pemicunya

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan meminta Pemkab untuk mengambil langkah yang diperlukan guna menyambut rencana tersebut. Salah satunya, dengan memasukkan poin tersebut ke dalam Raperda Perubahan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

“Idealnya memang begitu. Jadi, mumpung RTRW-nya belum mulai dibahas, sekalian saja itu dimasukkan,” terang politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Dion -sapaan akrabnya- menjelaskan, tahun ini Dewan-Pemkab dijadwalkan melakukan pembahasan terkat Raperda RTRW. Karena itu, ia berharap rencana pembanguna jalan tol tersebut bisa dimasukkan.

“Jangan sampai terjadi seperti yang sekarang ini. Jalan tol sudah jadi, malah sudah beroperasi, sementara tata ruang kita belum sesuai,” jelasnya. (tof/asd)