Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak Kecokelatan

3771

Pasuruan (Wartabromo.com) – Potongan alpukat yang dibiarkan di udara terbuka akan berubah menjadi kecoklatan. Berbagai cara dilakukan supaya potongan alpukat tetap terlihat segar dan cantik saat akan dikonsumsi kembali.

Meski potongan alpukat yang berwarna kecoklatan masih aman untuk dikonsumsi, tampilannya yang kurang menarik dapat menurunkan selera makan.

Nah, wartabromo telab merangkum dari berbagai sumber, 4 trik mudah yang dapat digunakan agar alpukat lebih tahan lama.

1. Dibungkus Lettuce

Lettuce biasa disebut selada bokor. Bentuk lembarannya cekung seperti mangkuk. Lembaran inilah yang digunakan untuk membungkus alpukat.

Kandungan air yang cukup banyak pada lettuce mampu menjaga alpukat tetap segar dan melindunginya dari oksidasi serta kelembaban udara kulkas. Lettuce ini juga baik dipakai untuk membungkus roti bun.

2. Dibungkus Plastic Wrap

Selain membungkusnya menggunakan lettuce, sisa potongan buah alpukat juga bisa dibungkus menggunakan plastic wrap. Plastik ini berguna untuk memperlambat proses pembusukkan.

Plastic wrap yang melekat erat pada permukaan alpukat juga akan menghalangi udara dan kotoran masuk ke bagian dalam buahnya. Nah, setelah dibungkus, masukkanlah ke dalam kulkas, supaya segar lebih lama.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun, juga bisa menjadi salah satu alternatif mencegah sisa potongan alpukat berwarna kecoklatan. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada daging yang terbuka secara merata.

Minyak zaitun akan menjaga dan melindungi daging buah kontak langsung dengan udara. Inilah yang akan mencegah oksidasi pada alpukat. Tapi jangan lupa, setelah diolesi minyak zaitun, simpan alpukat di dalam wadah tertutup dan letakkan di lemari pendingin.

4. Air lemon

Seperti halnya minyak zaitun, air lemon juga mampu mencegah oksidasi. Kandungan asam sitrat dalam air lemon yang membantu memperlambat proses oksidasi dan meminimalisir warna dagingnya menjadi coklat.

Caranya, sama dengan minyak zaitun sebelumnya. Olesi sisa potongan alpukat dengan air lemon sampai merata. Setelah itu, simpan buahnya dalam wadah tertutup dan letakkan di lemari pendingin.

Bagaimana, mudah kan? Yuk, dipraktikkan. (bel/may)