Sempat Tertutup Longsor, Jalur ke Lautan Pasir Bromo via Pasuruan Kembali Pulih

442

Tosari (WartaBromo.com) – Evakuasi tanah longsor di jalur Pakis Bincil yang mengarah ke lautan pasir Gunung Bromo selesai dilakukan. Kini jalur tersebut sudah bisa dilewati kendaraan dengan lancar.

Sebelumnya jalur tersebut tertutup tanah longsor sejak Rabu (13/02/2020), menjelang maghrib kemarin. Akibatnya jalur itu sempat lumpuh.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Tikto menjelaskan evakuasi tanah longsor di jalur yang masuk wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan tersebut selesai pada pukul 16.00 WIB tadi.

Penyebab longsornya tanah itu diketahui akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah jalur Pakis Bincil pada Rabu siang hingga sore.

Sementara tebing di sana tidak memiliki tetumbuhan yang dapat menyerap air. Akibatnya air membuat tanah menjadi gembur, dan terjadilah longsor.

BPBD Kabupaten Pasuruan bersama TNI, Polsek, pihak kecamatan, TNBTS, dan masyarakat sejak pagi tadi kerja bakti membersihkan material dari tengah jalan. Bahkan BPBD juga mengerahkan alat berat eskavator untuk membantu mempercepat proses evakuasi.

“Korban nihil. Sekarang jalur sudah bisa dilalui,” ujar Tikto. (tof/ono)