Geger Hamparan Busa “Hiasi” Kali Demper Pandaan

16957

Pasuruan (Wartabromo.com) –  Buih atau busa ‘hiasi’ Kali Demper, Dusun Pateguhan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Belum diketahui penyebab hamparan busa itu.

Berdasarkan pantauan Wartabromo, busa itu berwarna putih bersih, dan tak berbau. Busa ini tampak seperti busa buatan di kolam busa yang biasa ada di wahana bermain air.

Beberapa warga bahkan tampak bermain dan berswafoto di tengah hamparan busa. Beberapa video warga menunjukkan busa menutupi sepanjang kali Demper.

Meski warna busanya putih bersih, warga menyebutkan warna sungai berubah menjadi coklat. Padahal, aliran sungai itu sering digunakan mencuci baju bahkan untuk mandi anak-anak.

Berbagai spekulasipun muncul penyebab busa ini mencemari sungai pada Jumat (14/2/2020) pagi. Mulai dari limbah pabrik, hingga sisa detergen mencuci kendaraan.

Hingga berita ini diturunkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan diketahui sudah menuju lokasi untuk memantau. Namun, belum ada keterangan terkait asal muasal busa yang terhampar di kali Demper ini. (bel/may)