Sungai Penuh Busa Ternyata Berasal dari “Pabrik” Ini

10706

Pasuruan (WartaBromo.com)- Teka-teki penyebab busa di sepanjang Kali Demper, Pandaan terjawab. Tumpahan cairan hitam dari “pabrik” pengolah plastik di Desa Sumbergedang menjadi penyebabnya.

Kepastian itu diperoleh setelah dilakukan penelusuran terkait sumber busa itu berasal. Saat diikuti, busa tersebut berasal dari dalam “pabrik”.

WartaBromo yang sempat masuk ke area pabrik mendapati cairan (liquid) warna hitam yang tumpah di sekitar area “pabrik”. Sebagian cairan kemudian masuk ke saluran irigasi sebelum akhirnya terbawa air sungai.

Royan, penanggung jawab operasional saat ditemui di lokasi mengakui cairan tersebut yang menyebabkan sepanjang Kali Demper berbusa.

“Ini tumpah terus masuk ke sungai hingga berbusa,” kata Royan. Ia mengklaim, cairan kental tersebut biasa dipakai detergen untuk membersihkan material plastik sebelum diolah.

Menurut Royan, “pabrik” yang baru beroperasi sekitar setahun belakangan itu memang mengolah sampah plastik. Olehnya, plastik-plastik tersebut dicuci lebih dulu dengan menggunakan cairan tersebut.

Sementara itu, tim pengawas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang tiba di lokasi terlihat melakukan pemeriksaan sekitar area pabrik.

Beberapa sampel juga diambil guna dikakukan uji laboratorium. “Sudah. Sampel sudah kami ambil. Nanti akan dilakukan pemeriksaan,” kata Khoiron, staff DLH di lokasi.

Terkait kelengkapan dokumen perusahaan, pihaknya akan menjadwalkan pemanggilan ke DLH. (nul/asd)