Sebar Bantuan Alat Dapur, Dinsos Data Ulang Korban Banjir Probolinggo

434

Probolinggo (wartabromo.com) – Sepekan, sebagian wilayah Kabupaten Probolinggo diterjang baniir. Pemerintah ingin menunjukkan penanganan hingga upaya rehabilitasi terhadap warga terdampak banjir, telah dilakukan.

Langkah awal, di antara yang coba dilakukan Pemkab Probolinggo adalah melakukan pendataan ulang terhadap para korban hingga kemungkinan kerusakan akibat bencana ini.

Upaya itu juga menyusuli langkah tanggap Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia yang telah mengirimkan bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Probolinggo.

Bantuan dari Kemensos tersebut berbentuk peralatan dapur keluarga dan makanan siap saji, terhitung senilai Rp100.376.480,00.

“Kami komunikasikan dengan Kemensos yang merupakan mitra kami. Bantuan peralatan ini, akan sangat bermanfaat bagi warga terdampak banjir. Kami juga mengupayakan adanya pembanguan fisik agar banjir tidak terulang kembali,” kata Anisah Syakur, anggota Komisi VIII DPR RI, mewakili Kemensos serahkan bantuan.

Bantuan diserahkan secara simbolis di Kantor Desa Sumber Bendo, Kecamatan Sumberasih pada Senin, 24 Februari 2020. Lokasi ini dicatatkan merupakan satu desa cukup parah terdampak banjir yang menerjang Kabupaten Probolinggo selama sepekan terakhir.

Achmad Arif, Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo menegaskan bakal segera melakukan pendataan ulang kepada calon penerima. Database BPBD terkait korban banjir, yang telah dicatatkan bisa menjadi rujukan untuk melakukan pendataan kembali.

“Kita lakukan pendataan lanjutan. Agar bantuan itu tepat sasaran dan tepat guna. Karena tidak semua warga terdampak banjir kehilangan atau membutuhkan peralatan dapur. Apalagi bantuan semacam ini, rawan konflik antar warga,” ujar Arif. (saw/ono)