Ini Saran WHO Agar Tak Mudah Tertular Covid-19

29296

Pasuruan (Wartabromo.com) – Per 19 Maret 2020 kemarin, Kementerian Kesehatan (Kemkes RI) mencatat 309 positif terinfeksi Covid-19. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi atau menyebarkan Covid-19.

World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan penjelasan terkait langkah sederhana apa saja yang dapat dilakukan setiap orang untuk menekan penularan virus.

Berikut tips WHO dalam laman resminya:

Pertama, cuci tangan secara teratur dan menyeluruh menggunakan penggosok tangan berbasis alkohol, sabun, dan air. Pasalnya, mencuci tangan mampu membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

Kedua, jaga jarak setidaknya 1 meter dengan siapa saja yang batuk atau bersin.
Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut yang bisa jadi mengandung virus. Jika terlalu dekat, tetesan air dapat terhirup, termasuk virus Covid-19, jika orang tersebut menderita batuk.

Ketiga, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
Dalam beraktivitas, tangan telah menyentuh berbagai permukaan dan dapat terkontaminasi dengan virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut yang disentuh. Dari sanalah virus dapat masuk ke tubuh dan tertular penyakit.

Keempat, pastikan diri sendiri dan orang yang berada di sekitar menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin. Jangan lupa segera buang tisu bekas bersin dan batuk. Dengan begitu, akan banyak orang yang terlindung dari virus seperti flu, dan Covid-19.

Kelima, tetap di rumah jika merasa tidak sehat. Jika mulai mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segera minta bantuan medis. Kemudian ikuti arahan dari pemangku kebijakan fasilitas pelayanan kesehatan.

Keenam, terus pantau perkembangan terbaru Covid-19 terbaru baik wilayah lokal maupun negara terdampak Covid-19. Apabila memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes atau paru-paru, hindari bepergian keluar. Hal ini juga berlaku bagi yang berusia lanjut. Pasalnya, dengan bepergian, peluang tertular Covid-19 cukup besar.

Tak sampai di situ, WHO juga memberikan cara perlindungan diri bagi mereka yang sebelumnya (14 hari terakhir) pernah atau sedang berada di wilayah terdampak.

Selain mengikuti 6 langkah yang telah dijelaskan di atas, lakukan langkah berikut:

  1. Isolasi diri dengan tinggal di rumah meskipun hanya terkena gejala ringan seperti sakit kepala, demam ringan (37,3° C atau lebih), dan sedikit hidung berair, sampai benar-benar pulih.
  2. Apabila memang dirasa perlu untuk keluar, pastikan memakai masker, atau minta orang lain untuk membantu. Bisa juga dengan datang ke fasilitas medis agar mendapat perawatan intensif.
  3. Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera dapatkan arahan dari tenaga medis.
    Bisa jadi gejala tersebut disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi serius lainnya. Ceritakan juga kepada pihak medis tentang perjalanan atau kontak terbaru dengan pelancong.

Yuk, mulai sadar akan pentingnya menjaga diri sendiri dan orang-orang di sekitar. (bel/ono)