Yuk Kenalan dengan Peta Interaktif Virus Corona Milik Microsoft!

1158
Penampakan Peta Interaktif Corona di Indonesia, Kamis (19/3/2020)

Pasuruan (Wartabromo.com) – Penyebaran Covid-19 semakin meluas ke sejumlah wilayah di berbagai penjuru dunia. Berbagai pihak pun mulai turut memberikan kontribusi.

Tak terkecuali pihak yang bergerak di bidang teknologi. Microsoft yang notabene raksana teknologi contohnya, merilis peta interaktif wilayah penyebaran virus Corona.

Menukil beberapa sumber, Microsoft menggunakan platform www.bing.com/covid untuk menampilkan wilayah penyebaran virus corona. Peta yang ditampilkan, disertai informasi cukup lengkap. Mulai dari jumlah kasus yang aktif, sembuh hingga kasus kematian.

Peta yang ditampilkan diklaim cukup akurat. Pasalnya, data yang digunakan diperoleh dari beberapa sumber.

Sumber data yang digunakan antara lain, World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Centers for Disease Control and Prevention/Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), The European Centre for Disease Prevention and Control/Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Eropa (ECDC), serta Wikipedia.

Data-data yang dikumpulkan tersebut disusun langsung oleh tim dari Microsoft. Peta bing tersebut akan memperbarui data setiap jam terkait informasi kasus-kasus baru yang ditemukan setiap hari di dunia.

Desain antarmuka peta bing ringan dan disertai berita perkembangan virus corona setiap negara. Negara yang terdampak virus corona, akan ditandai dengan titik oranye.

Nah, apabila titik tersebut diklik, peta akan menampilkan banyaknya total kasus positif aktif, pasien sembuh, dan meninggal dunia. Selain itu, ada juga update berita soal virus corona, meskipun tidak semua berita memberitahukan informasi terkini.

Tak hanya Microsoft, Pemerintah DKI Jakarta dan Jawa Barat kini juga memiliki situs data penyebaran lokal. Situs ini dikelola sendiri oleh Pemerintah Provinsi masing-masing. (bel/may)