Dorong Hidup Bersih, Pemkab Probolinggo Tempatkan Ratusan Wastafel di Area Publik

652

Kraksaan (wartabromo.com) – Ratusan wastafel (tempat cuci tangan) darurat dipasang di ruang publik oleh Pemkab Probolinggo. Cara ini ditempuh, membatasi penyebaran coronavirus disease (Covid-19).

Dari data yang diterima wartabromo.com, wastafel itu ada di 34 pasar tradisional. Kemudian 76 area perkantoran di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Wastafel itu dapat dimanfaatkan warga untuk cuci tangan,” kata Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, Kamis, 26 Maret 2020.

Selain di pasar dan perkantoran, wastafel darurat juga disebar di ruang terbuka hijau (RTH). Seperti di depan Sasana Krida, alun-alun, dan Sumberlele Park.

“Dengan begitu, penyebaran langsung Covid-19 dapat diminimalisir dengan memberlakukan gaya hidup sehat tersebut,” ujarnya lebih lanjut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengungkapkan langkah ini dimaksudkan mendukung upaya-upaya strategis dalam mencegah penyebaran Covid-19. Menurutnya area pasar termasuk dalam kawasan berisiko tinggi.

“Seluruh pasar sudah kami lengkapi dengan wastafel darurat,” terang Dwijoko Nurjayadi.

Amirudin, salah satu warga, memberikan apresiasi. Wastafel di ruang publik, telah menunjukkan kepada warga agar selalu menjaga kesehatan, dengan berperilaku bersih.

“Fasilitas ini, dapat dinikmati banyak orang, mereka juga gak khawatir kesulitan untuk cuci tangan. Semoga semakin menyadarkan warga akan pentingnya hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Sementara seorang warga lain, Puji Anugerah, mengungkapkan hal serupa terhadap pemberlakuan protokol kesehatan oleh Pemkab Probolinggo di tempat umum.

“Warga tidak lagi was-was ketika datang ke tempat layanan umum. Demi keamanan dan kesehatan, kami sebagai warga mengapresiasi itu,” tuturnya. (cho/**)