Lumajang Dapat Jatah 280 Alat Rapid Tes Corona

1205

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mendapatkan 280 alat rapid test. Alat ini akan digunakan di RSUD dr Haryoto Lumajang dan RS Jatiroto.

“Telah didistribusikan Rapid Test yang nanti bisa digunakan untuk mendeteksi pasien dari virus corona. Dan, pembagiannya langsung dipimpin Pak Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur,” ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melalui website resmi Pemkab Lumajang.

Setidaknya ada 280 alat rapid test yang diterima Pemkab Lumajang. 120 alat berasal dari Pemprov Jatim yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan. Lalu 160 alat berasal dari Yayasan Tzu Chi Budda.

Nantinya, alat-alat tersebut disalurkan ke RSUD dr Haryoto Lumajang, dan RS Jatiroto. Kedua Rumah Sakit ini telah ditunjuk oleh Pemprov Jatim untuk menangani pasien yang mengeluhkan gejala sakit mirip corona.

“Kami akan segera berkoordinasi, dengan lebih memprioritaskan terhadap para pasien yang saat ini dalam status gejala terjangkit corona yang telah dirawat di rumah sakit hingga saat ini,” lanjut Cak Thoriq.

Selain pasien, tenaga kesehatan yang selama ini menangani pasien dengan gejala mirip corona juga jadi prioritas. Mereka akan dites kesehatannya.

Seperti diketahui, data terakhir pada 26 Maret pukul 15.00 WIB, sudah ada 59 Orang dalam Pantauan (ODP) di Lumajang. Sementara untuk Pasien dalam Pengawasan berjumlah 5 orang, dengan rincian 1 telah meninggal karena gagal jantung. (may/ono)