Antisipasi Covid-19, Polisi Cek Pemudik di Stasiun dan Terminal Kota Pasuruan

1410

Pasuruan (WartaBromo.com) – Polisi dan Satgas Covid-19 Kota Pasuruan cek kesehatan pemudik pengguna kereta api, Rabu (01/04/2020). Langkah ini sebagai upaya perketat pengawasan cegah penyebaran virus corona.

Polisi dan tim Satgas Covid-19 Kota Pasuruan tiba di stasiun memulai pengawasan dan cek kesehatan sekitar pukul 15.30 WIB.

Waktu itu para penumpang kereta api Sri Tanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta, yang jadi sasaran.

Semua penumpang yang baru turun dari kereta ataupun hendak berangkat naik kereta lebih dulu dicek kesehatan oleh tim Satgas dengan thermal gun, lalu kemudian disemprot disinfektan.

Di stasiun sendiri saat ini juga telah didirikan satu Posko Terpadu Covid-19 yang fungsinya untuk mengecek semua penumpang di Stasiun Kota Pasuruan.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander mengatakan, selain di stasiun, posko terpadu Covid-19 juga ada di terminal Kota Pasuruan.

Di stasiun, lanjut Dony, juga ada satu ruang yang disediakan sebagai tempat isolasi. Seandainya ada penumpang yang turun dan diketahui ada gejala-gejala yang mencurigakan, maka akan dianjurkan untuk istirahat lebih dulu di ruang isolasi.

“Penumpang itu akan menunggu sampai tim kesehatan datang untuk mengecek,” ujar Dony.

Salah satu penumpang kereta api bernama Fira yang sempat dicek kesehatannya mengatakan sari Yogyakarta sengaja ke Pasuruan untuk ke rumah pamannya.

Meski ada anjuran untuk tidak keluar kota, gadis asal NTB tersebut memahami kondisi kali ini cukup menyulitkan. Itulah kemudian ia nekat ke Pasuruan, bila saja Yogyakarta tiba-tiba diberlakukan lockdown. Hal itu dipertimbangkan, karena apabila terdapat lockdown, sebagai mahasiswa yang hidup indekos akan lebih menyulitkannya.

“Mau pulang ke NTB juga pemerintah sana sepertinya melarang. Ya sudah ke sini aja (rumah paman),” ujar Fira.

Sebelumnya polisi juga melakukan kegiatan serupa di pintu exit Tol Sutojayan, Kota Pasuruan. Semua pengendara yang masuk ke Kota Pasuruan juga dilakukan pengecekan serupa, yakni cek suhu badan menggunakan thermal gun, kemudian disemprot disinfektan. (tof/ono)