Sempat Kosong, Stok Darah PMI Kabupaten Pasuruan Kembali Normal

760

Pasuruan (WartaBromo.com) – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan sempat kosong. Kini, stok darah sudah mulai normal kembali.

Sumarsono, Humas PMI Kabupaten Pasuruan mengatakan, stok darah di PMI memang sempat kosong untuk beberapa golongan darah. “Dari tanggal 27-29 Maret kemarin stok darah sempat kosong,” ujarnya, Kamis (02/04/2020).

Ia mengatakan, golongan darah O merupakan salah satu stok darah yang sempat kosong. “Sebelum adanya pandemik Covid-19 belum pernah stok darah di PMI sampai kosong,” sambungnya.

Sumarsono bilang, selama ini suplai stok darah banyak didapat dari kegiatan-kegiatan donor darah yang bersifat massal. Misalnya, dengan melibatkan karyawan perusahaan dan kegiatan lain.

Akan tetapi, menyusul adanya imbauan physical distancing dari pemerintah pusat, sejumlah kegiatan donor darah dibatalkan.

Kini, sejak hari Selasa (31/03/2020) stok darah di kantor PMI sudah mulai normal kembali. “Baru pada tanggal 30 Maret kemarin ada giat donor darah massal, alhamdulillah dapat 134 kantong darah,” jelasnya.

Tak hanya giat, rupanya masih banyak orang peduli dengan stok darah yang sempat kosong di kantor PMI.

“Memang selain ada giat pada tanggal 30 itu, hampir setiap hari ada 10 orang lebih yang datang ke kantor PMI untuk donor darah,” jelasnya.

Untuk menjaga stok darah tetap aman, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk datang secara mandiri ke kantor PMI.

Saat ini untuk stok darah per tanggal 1 April sudah ada hampir 200 kantong. “Stok untuk golongan darah A 5 kantong, B 49 kantong, O 92 kantong, dan AB 8 kantong,” pungkasnya. (nul/asd)