LAPAN: Hilal Berpotensi Sulit Terlihat

1495

 

Gempol (WartaBromo.com) – Ketinggian hilal diperkirakan hanya 3 derajat, Kamis (23/04/2020). Secara astronomi, dengan posisi itu, potensi hilal akan sulit terlihat.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Gempol, Kabupaten Pasuruan Dian Yudha saat di hubungi wartabromo melalui WhatsApp.

Ia menjelaskan, kemungkinan hilal tidak akan terlihat pada sekarang ini. Hal itu disebabkan posisi hilal saat ini masih rendah. “Karena sampai magrib, ketinggian hilal juga masih rendah,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, untuk mengetahui hilal, keadaan langit harus dalam keadaan bersih. “Hilal bisa terlihat kalau posisi di atas 3 derajat. Dengan catatan langit cerah atau tidak ada polusi,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ini Alasan Kantor Lapan Tak Bisa Lihat Hilal Ramadan

Tak hanya di LAPAN Gempol, ia menuturkan kemungkinan hilal tidak terlihat juga berada pada daerah lain.

“Pada lokasi yang sudah di tetapkan sebagai ttik pengamatan hilal nasional kemungkinan juga akan tidak terlihat,” ujarnya.

Kendati demikian, Ia menerangkan penentuan awal Ramadan kemungkinan besar akan sama. “Tapi insyaallah puasa bersamaan mulai besok,” pungkasnya. (nul/asd)