Warga Krejengan Positif Covid-19

1832

Kraksaan (wartabromo.com) – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengonfirmasi warga Kecamatan Krejengan, positif Coronavirus Disease (Covid-19). Pasien nomor 18 ini, tertular dari klaster Sukolilo.

Pasien ini, berusia sekitar 50 tahun dan bekerja di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Sudah berada di ruang isolasi rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo. Langkah ini, agar pasien bisa beristirahat dan tidak kontak dengan orang lain, serta disehatkan.

“Yang bersangkutan ada hubungannya dengan klaster Sukolilo, karena merupakan rekan kerja dari pasien positif Covid-19 yang berasal dari Desa Jabung Sisir. Merupakan hasil tracking dari kelompok RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan Puskesmas Tongas,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Joelijanto pada Kamis malam, 30 April 2020.

Baca Juga :   Masih Terbakar, Serpihan Pijar Terbang ke Rumah Warga

Tracking lebih lanjut dari pasien positif COVID-19 ini masih akan dilakukan. Di mana pihaknya sudah melakukan penelusuran sejak dari klaster sebelumnya. Semua orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya, sudah di-tracking.

“Teman-teman kerjanya yakni tenaga medis RSUD Waluyo Jati Kraksaan sudah dilakukan tracking dan swab semua. Alhamdulillah hasilnya negatif, hanya yang dari Gebangan ini yang positif,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo itu.

“Tetapi untuk tracking dari pasien ke-18 positif Covid-19 ini, tetap akan kita kaji, karena kita tidak puas, takutnya dia sudah melakukan kontak dengan orang lain. Kita tetap evaluasi hasil tracking yang sudah ada. Yang bersangkutan ini memang sudah diisolasi sejak awal dilakukan tracking terhadap empat pasien positif COVID-19 tahap pertama,” ungkapnya.

Baca Juga :   Viral, Anak di Kota Probolinggo Sebut Bapaknya Maling

Ia juga mengungkapkan jika beberapa hasil swab terhadap orang yang reaktif rapid test, sudah keluar. Yakni kelompok Puskesmas Tongas dan RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Namun, untuk hasil swab terhadap masyarakat umum yang reaktif rapid test masih belum keluar.

“Alhamdulillah untuk kelompok Puskesmas Tongas hasilnya sudah negatif. Jadi untuk yang hasilnya sudah negatif ini kita pulangkan, tapi tetap harus stay at home dan jaga jarak dengan yang lain. Artinya tetap melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” tandas dokter Anang

Terkini sebaran perkembangan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo pada pasien positif Covid-19 sebanyak 18 orang. Belum ada yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

Selanjutnya, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 46 orang. Dengan keterangan 17 orang dalam pengawasan, 13 orang selesai diawasi dan 16 orang meninggal dunia.

Baca Juga :   RSUD Bangil Datangkan Alat Pemulasaraan Jenazah Covid

Orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 405 orang. Dengan keterangan 241 orang dalam pemantauan, 160 orang selesai dipantau dan 4 orang meninggal dunia. (cho/saw)