Kabar Baik, 4.473 KK di Lumajang Akan Terima BLT Dana Desa

3904

Lumajang (WartaBromo.com) – Sebanyak 4.473 KK di Kabupaten Lumajang bakal mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Masing-masing keluarga ini akan menerima Rp600 ribu selama tiga bulan ke depan.

“Data yang kami terima per tanggal 27 April 2020, ada sekitar 51 pemerintah desa di Lumajang yang siap untuk menyalurkan BLT kepada sekitar 4.473 KK, dengan total dana senilai Rp8.051.400.000. Dan, penyalurannya nanti akan dilakukan secara bertahap,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dalam pernyataan resmi di Portal Pemkab Lumajang.

Sumber anggaran dari BLT tersebut yakni Dana Desa (DD). Selama 3 bulan ke depan, warga akan mendapatkan Rp600 ribu per bulan. Penerimaan BLT DD ini juga melalui proses Musyawarah Desa (Musdes) di tiap Desa.

Baca Juga :   Ansor Pasuruan Tersakiti Ada Banser Dikafirkan, hingga Sarang Judi Ayam Digerebek | Koran Online 12 Des

“Lumajang semua dibuka transparan yang sudah dapat dana desa adalah orang-orang yang tidak dapat PKH tidak dapat BNPT lainnya. Yang lain yang tidak dapat bagaimana pemerintah daerah yang berkebijakan melakukan langkah-langkah untuk membantu,” lanjutnya.

Nantinya, akan ada evaluasi untuk penerima bantuan pada setiap bulannya. Hal ini dilakukan supaya penerima BLT tepat sasaran.

Terpisan, Agus Triyono, Sekretaris Daerah Lumajang meminta Desa untuk transparan terkait data penerima BLT. Salah satu caranya dengan menampilkan data penerima bantuan.

“Contohnya Desa Labruk Lor yang sudah memampangkan baik penerima maupun calon penerima bantuan, baik bantuan PKH, Bantuan Pangan Non Tunai maupun BLT Dana Desa. Untuk itu seluruh Kepala Desa yang belum menampilkan data penerima bantuan dari pemerintah agar diselesaikan Musdesnya dan dipampangkan datanya,” tegasnya. (may/ono)