Ini Penyebab Sering Lemas Saat Bangun Sahur

973

Pasuruan (Wartabromo.com) – Kebanyakan orang merasa kesulitan bangun pagi untuk sahur. Badan akan terasa lemas saat bangun.

Sebenarnya apa penyebabnya?

Mengutip detik, hal itu umumnya terjadi karena kualitas tidur yang kurang. Tapi, bisa juga dikarenakan beberapa hak berikut:

1. Kelelahan

Badan terlalu lelah juga dapat menyebabkan badan lemas saat bangun tidur. Aktivitas berat menjelang tidur ternyata bisa menjadi penyebabnya. Pasalnya, adrenalin yang meningkat membuat fase tidur berantakan.

2. Kecanduan gadget

Jaman sekarang, gadget menjadi barang wajib yang tak pernah dapat luput dari pandangan. Tak terkecuali menjelang waktu tidur.

Umumnya, orang-orang main gadget sebelum tidur, meski hanya sekedar mengintip sosmed atau membalas chat. Kebiasaan ini ternyata dapat menekan produksi melatonin atau hormon yang dibutuhkan untuk mengantuk. Kondisi tersebut tentu mempengaruhi siklus tidur.

Baca Juga :   Tips Cerdas Berhemat Jelang Lebaran

3. Pengaruh kafein

Siapa yang tak kenal kafein. Produk yang sering dikonsumsi yakni, kopi dan teh. Ternyata, kedua minuman itu dapat mengganggu pola tidur lho. Alhasil, ketika bangun, badan menjadi lemas.

Dalam jurnal penelitian Clinical Sleep Medicine, konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur menyebabkan tidur terganggu. Maka dari itu, apabila ingin tetap mengkonsumsi teh atau kopi, usahakan memberi jeda waktu antara minum dan tidur. Itu dilakukan supaya tubuh memiliki waktu untuk memetabolisme kafein.

4. Bruxism

Bruxism merupakan kondisi di mana gigi seseorang beradu saat tidur. Pasti ada pernah mengetahuinya.

Ternyata kondisi tersebut memiliki dampak buruk. Salah satunya dapat memicu nyeri pada rahang serta sakit kepala. Akhirnya, pola tidur akan terganggu dan lebih malas untuk bangun dari tidur.

Baca Juga :   Makelar Dapat Komisi dari Penjual dan Pembeli, Bagaimana Kata Ustaz?

5. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali saat sedang tidur. Kondisi ini disebabkan karena menyempitnya saluran napas saat tidur.

Kondisi tersebut membuat kualitas tidur terganggu. Jika terjadi dalam jangka panjang, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Jadi, yuk menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kualitas tidur agar tetap semangat saat sahur. (bel/may)