Terinspirasi Tradisi Leluhur, Pemuda Pleret Bikin Gentong Cuci Tangan Unik

3734

Pasuruan (wartabromo.com) – Berbagai cara dilakukan warga untuk membuat padasan di tengah pandemi. Seperti yang dilakukan pemuda di Dusun Magersari, Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. Mereka berinisiatif membuat tempat pencuci tangan dari gentong padasan yang unik dengan ditambah tulisan jawa.

Gentong padasan yang dibuat oleh pemuda tersebut terinspirasi dari tradisi leluhur. Padasan ini nantinya diisi air, dan diyakini bisa membersikan kuman-kuman yang berada di tangan. Hal itu dikarenakan air yang disimpan di gentong itu berisikan air yang segar dan bersih.

Setiawan (54), Ketua RT di Dusun Megersari ini mangatakan, inisiatif pemuda berawal dari ingin menggalakkan seberapa pentingnya mencuci tangan saat pandemi covid-19.

Baca Juga :   Sejumlah Santri di Beji Diduga Jadi Korban Cabul

“Untuk, menyadarkan masyarakat, bahwa mencuci tangan itu sangat penting di massa pandemi ini,” ujar Setiawan, kepada wartabromo.com, Selasa (5/5/2020).

Agar lebih mempercantik gentong padasan itu, sejumlah pemuda menambahkan tulisan aksara jawa pada gentong tersebut. Tak lupa lagi, penyangga gentong juga dibuat sebagus mungkin agar selaras dengan gentong.

Gentong cantik ini pun membawa berkah setelah dipajang di media sosial. Banyak respon positif dari warganet hingga mau membeli gentong tersebut.

Saat ini, pesanan yang datang berasal dari Pasuruan, Jember dan Surabaya. Gentong tersebut dijual dengan harga Rp 150 ribu – Rp 175 ribu.

Dari penjualan onlinenya yang sudah sampai wilayah luar kota, sejumlah pemuda di kampung tersebut memperoleh omset kurang lebih mencapai Rp20 juta.

Baca Juga :   Asyik Nyabu di Kos-kosan, Tiga Karyawan Ini Dibekuk

“Omsetnya alhamdulillah banyak, yah mungkin karena tempat cuci tangan dari gentong cukup unik,” ujar Setiawan. (don/may)