Bansos Pemkot Pasuruan Disalurkan Hari Ini

1973
Seorang warga Kota Pasuruan menunjukkan kartu e-money untuk nanti ditukarkan dengan paket sembako, Rabu (20/5/2020).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bantuan sosial (bansos) dampak Covid-19 dari Pemkot Pasuruan mulai disalurkan hari ini, Rabu (20/05/2020). Ada dua jenis bantuan yang disalurkan secara serentak.

Pertama adalah bantuan jaring pengaman sosial berupa paket sembako. Kedua, merupakan bantuan uang tunai bagi mereka yang perekonomiannya terkena dampak pandemi. Kedua jenis bantuan ini disalurkan secara simbolis di dua tempat berbeda.

Pantauan WartaBromo, bantuan sosial diserahkan di Kantor Kelurahan Tapaan, sementara bantuan dampak pemulihan ekonomi diserahkan di Kantor Kecamatan Panggungrejo.

Lurah Tapaan Abdullah Agus Salim mengungkapkan, di Kelurahan Tapaan ada 252 warga penerima manfaat bantuan ini. Mereka mendapatkan kartu e-money senilai Rp200 ribu per bulan, yang nanti dapat langsung ditukarkan dengan paket sembako, antara lain beras, minyak, gula pasir, telur, dan mi instan.

“Pembagian ini langsung dua bulan. Jadi warga menerima Rp400 ribu,” kata Abdullah.

Sementara di Kecamatan Panggungrejo, Camat Panggungrejo Imam Subekti mengatakan, ada 1.214 warga penerima bantuan dampak pemulihan ekonomi dari 13 kelurahan. Sama seperti bantuan jaring pengaman sosial, warga juga menerima dua kali dari nilai Rp200 ribu, sehingga saat ini uang tunai yang diterima sejumlah Rp400 ribu.

Salah satu penerima manfaat bernama Mariyani (45) warga Kelurahan Bugul Lor, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, mengaku bersyukur akhirnya bantuan ini diterimanya. Ia mengaku di lebaran ini suaminya tidak bisa pulang.

“Ya, alhamdulillah, Mas. Bisa buat beli baju lebaran untuk anak,” kata Mariyani.

Sekadar informasi, bantuan sosial berupa paket sembako akan diberikan kepada 11 ribu lebih penerima, sedang bantuan sosial tunai akan diberikan kepada sekitar 3 ribu lebih penerima. (tof/ono)