WartaBromo Raih Hibah dari Google

973
Ilustrasi google

Pasuruan (WartaBromo.com)- Sekitar 180 media asal Indonesia mendapat kucuran dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief Fund (JERF).

Satu di antaranya adalah WartaBromo.com. Dalam surat elektronik yang dikirim Jumat (29/05/2020) lalu, media ini terpilih dari sekitar 800 media lokal se-Asia Pasific yang sebelumnya berpeluang mendapatkan dana itu.

Dikutip dari blog Head of Google News Initiative Innivation, Ludovic Blecher, mengatakan, ada 12.000 media dari 140 negara yang sebelumnya sempat mengajukan proposal ke Google.

Dari pendaftar sebanyak itu, tim Google News Initiative (GNI) lantas melakukan review berdasarkan kriteria yang ditetapkan sebelumnya. Dan hasilnya, separo lebih dari pemohon tidak memenuhi kriteria.

Hingga akhir penilaian, ada sekitar 5.000 dari seluruh dunia media itu pun akhirnya diumumkan. Satu di antaranya WartaBromo.com.

Media asal kawasan Amerika Utara menjadi penerima terbanyak dengan lebih dari 1.800 media (dari 3.050 lebih pendaftar). Diikuti kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika dengan total lebih dari 1.550 media (4.700 lebih pendaftar), Amerika Latin dengan lebih dari 1.050 media (lebih dari 2.350 pendaftar).

Akan halnya kawasan Asia-Pasifik di mana Indonesia termasuk, ada lebih dari 800 media yang akan menerima dana ini dari 2.000 lebih pendaftar.

Hibah itu sendiri diberikan sebagai bentuk dukungan Google terhadap kerja-kerja jurnalistik yang dilakukan media-media lokal di seluruh dunia.

Bagi google, keberadaan media lokal memainkan peran penting dalam membantu penyebaran informasi di tengah pandemi seperti sekarang ini. (asd/ono)