Waspada Banjir Rob di Pesisir Utara Jawa

1097

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi terjadinya banjir di pesisir utara beberapa wilayah di Jawa Timur. Hal ini disebabkan kondisi pasang air laut yang cukup tinggi.

Dalam edaran yang diterima WartaBromo, fase bulan purnama atau full moon spring/spring tide mengakibatkan kondisi pasang air laut yang cukup tinggi di beberapa wilayah Indonesia.

Potensi gelombang tinggi yang diperkirakan terjadi mencapai 2,5 meter hingga 4 meter di Laut Jawa yang dibangkitkan oleh angin kuat dan persisten mencapai kecepatan hingga 25 knot (45 km/jam).

Gelombang tinggi dan didorong oleh angin kuat itulah diperkirakan dapat menyebabkan peningkatan kenaikan tinggi muka air laut di perairan utara Jawa Timur.

“Masyarakat pesisir pantai diimbau untuk waspada adanya fenomena banjir pesisir (Rob) yang diprediksi terjadi pada tanggal 5-8 Juni 2020,” demikian tulis BMKG dalam surat tersebut.

Ada 4 wilayah yang menurut BMKG akan mengalami kondisi pasang air laut tinggi, antara lain:

– Pesisir Sidoarjo (pukul 10.00-11.00)
– Daerah Pelabuhan Surabaya (pukul 09-12.00)
– Pesisir Surabaya Timur (pukul 10.00-11.00)
– Pesisir Surabaya Barat (pukul 09.00-11.00)

Di empat wilayah itu, jika kondisi pasang air laut tinggi, dapat berdampak dengan munculnya genangan air setinggi 10-20 cm yang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat.

“Demikian informasi disampaikan untuk dapat diantisipasi,” tulis BMKG. (tof/asd)