Sebaiknya Cuci Tangan Berapa Kali Sehari?

1964

Pasuruan (Wartabromo.com) – Menjaga kebersihan tangan selepas beraktivitas merupakan kebiasaan sederhana yang memiliki segudang manfaat. Terlebih di tengah wabah Covid-19 yang tak kunjung reda.

Ya, kebersihan tangan harus dijaga setiap waktu. Hal tersebut akan membantu melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan virus.

Menurut beberapa sumber, Medical Research Council Inggris melakukan studi terkait bagaimana cara mudah dan efektif meminimalisir penularan virus corona. Ternyata, mencuci tangan setidaknya 20 detik sebanyak 6-10 kali dalam sehari terbukti efektif mencegah infeksi Covid-19.

Pastikan pada saat-saat penting seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, sebelum menyentuh area hidung, mata dan mulut tangan dalam keadaan bersih. Terutama saat pulang dari bepergian.

Baca Juga :   Hoaks Jenazah Mata Dicongkel; Satgas Covid-19 Tracing Keluarga

Perlu diingat, saat intensitas mencuci tangan yang cukup tinggi dapat memunculkan kemungkinan kulit tangan menjadi kering bahkan iritasi. Jadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kelembaban kulit meski sering cuci tangan.

1. Pastikan mencuci tangan dengan air hangat atau air biasa. Penggunaan air panas justru membuat kulit terasa kering. Pasalnya, air panas lebih mudah menghilangkan minyak alami yang ada di kulit tangan;

2. Pilib sabun cuci tangan cair. Hindari penggunaan sabun batangan. Pilihlah sabun yang melembabkan, sabun yang mengandung bahan-bahan gliserin dan lanolin;

3. Keringkan tangan dengan baik dan benar. Jika mengeringkan menggunakan handuk, kain, atau tisu, pastikan tidak menggosoknya dengan kencang. Usap halus bagian kulit yang akan dikeringkan. Itu dilakukan untuk menghindari lecet pada kulit. Begitu pula saat mencuci tangan. Cobalah mencuci tangan dengan tenang untuk meminimalisir iritasi;

Baca Juga :   Enam Kecamatan di Kabupaten Pasuruan Ini Masih Bebas Kasus Positif Covid-19

4. Menggunakan pelembab tangan. Pilih pelembab dengan kandungan oklusif, humektan, dan emolien. Bahan-bahan tersebut akan berperan untuk menjaga kelembaban kulit. Pelembab ini bisa diaplikasikan sesaat setelah cuci tangan, sebelum tidur atau ketika kulit mulai terasa kering. (bel/may)