Disdik Jatim Siapkan 5 Jalur Pendaftaran, Ini Daftarnya

738

Pasuruan (Wartabromo.com) – Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)  sudah dimulai. Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur siapkan 5 jalur.

“Ada jalur untuk siswa miskin (afirmasi), jalur perpindahan kerja orang tua, jalur prestasi lomba, zonasi SMA/SMK. Masih ada juga jalur terkait dengan prestasi nilai rerata semester 1-5,” ungkap Indah Yudiani, Kepala Cabang Disdik Provinsi Jawa Timur wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan kepada WartaBromo, kemarin.

Lebih lanjut, jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik jenjang SMA/SMK dari keluarga ekonomi tidak mampu. Kuota jalur afirmasi disediakan 15% dari daya tampung (pagu) sekolah, termasuk kuota 5% untuk anak dari keluarga buruh.

Sementara itu, kuota jalur perpindahan kerja orang tua yakni 5% dari daya tampung (pagu) sekolah. Jalur zonasi menjadi yang paling banyak kuota yang disediakan sekolah. Kuota zonasi minimal 50% dari daya tampung (pagu) Sekolah.

Bagi pendaftar jalur prestasi lomba/penghargaan disiapkan 5% dari daya tampung (pagu) sekolah yang terbagi menjadi 2, bidang akademik dan non akademik. Bidang Akademik sebanyak 2%, sedangkan bidang Non Akademik sebanyak 3%.

Lain halnya dengan jalur prestasi rerata nilai rapor, mendapat jatah minimal 25% dari daya tampung (pagu) Sekolah. (bel/ono)