Kota Probolinggo Ada 52 Positif, Begini Sebarannya

2290

Probolinggo (wartabromo.com) – Per Minggu (28/6/2020), jumlah warga yang terinfeksi virus corona di Kota Probolinggo mencapai 52 orang. Dari 29 kelurahan, terdapat 9 kelurahan terbebas dari covid-19.

Berdasarkan info gratis dari Dinas Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DINKESP2KB) Kota Probolinggo, dari 52 orang yang terkonfirmasi, ada 16 orang masih dalam perawatan.

Sebanyak 12 orang dirawat di RSUD dr Moh. Saleh dan 4 orang dirawat di rumah sakit di Surabaya. Sedangkan 33 orang lainnya sudah dinyatakan sembuh dan 3 meninggal dunia.

Mereka tersebar di semua kecamatan alias tak ada satu pun yang terbebas dari corona. Rinciannya Kecamatan Mayangan 15 orang, Kecamatan Wonoasih 13 orang, Kecamatan Kenigaran 12 orang, dan Kecamatan Kademangan 10 orang. Paling sedikit di Kecamatan Kedopok, didapatkan 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari peta sebaran itu, diketahui ada 9 kelurahan yang hingga saat ini tak ada laporan jangkitan Covid-19. Tak ada satu warga yang terkonfirmasi positif. Paling mentok berstatus pasien ada pengawasan (PDP). Bahkan ada yang hanya berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Kelurahan dengan ODP dan PDP adalah Kelurahan Poh Sangit Kidul dengan 6 ODP dan 1 PDP; Kelurahan Kareng Kidul dengan 5 ODP dan 1 PDP; Jrebeng Lor 1 ODP dan 1 PDP; dan Kelurahan Sukoharjo 7 ODP dan 1 PDP; serta Kelurahan Kebon Sari Kulon dengan 13 ODP dan 1 PDP.

Kelurahan tanpa PDP adalah Kelurahan Sumber Wetan dengan 3 ODP, Kelurahan Kedopok 4 ODP, Kelurahan Jrebeng Kulon 8 ODP dan Kelurahan Tisnonegaran dengan 7 ODP.

“Satgas tetap mengimbau kepada masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu, wajib memakai masker, sering cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, hindari kerumunan dan jaga jarak,” kata Plt. Kepala DINKESP2KB setempat, dr. Nurul H. Hidayati.

Selain 52 terkonfirmasi positif Covid-19, di Kota Probolinggo juga tercatat sebanyak 372 ODP. Rinciannya 358 selesai dipantau dan sisanya dalam pemantauan. Untuk PDP ada 36 orang. Dengan rincian 4 dalam pengawasan, 27 selesai, dan 5 meninggal dunia.

“Masyarakat juga diminta menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika mengalami gangguan kesehatan yang mengarah pada gejala Covid-19 atau pernah berinteraksi dengan pasien Covid-19, dapat segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan terdekat,” ujar wakil jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo itu. (saw/ono)