Kembangkan Bisnis Online Lewat Instagram dengan Lakukan Tips Berikut!

700

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bisnis di platform Instagram kini terbilang cukup menjanjikan. Tak sedikit yang meraup keuntungan besar dari Instagram.

Adakah bolo warmo yang sedang mengembangkan bisnisnya lewat Instagram? Yuk, simak tips berikut ini supaya tidak salah langkah!

1. Ketahui segmen

Mengutip viva, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui segmen pasar. Apabila sudah mengetahui segmen, artinya semua komunikasi yang disuguhkan akan tepat sasaran. Hal itu tentu akan memudahkan dalam membuat konten yang menarik perhatian calon konsumen.

Berdasar data yang dihimpun Wartabromo, laman statista.com mencatat, distribusi pengguna Instagram di seluruh dunia pada bulan April 2020, berdasarkan gender didominasi perempuan, yakni sebanyak 51%. Sementara pengguna laki-laki ada 49%.

Dari data tersebut, kebutuhan wanita termasuk anak dan bayi dinilai sangat cocok dipasarkan di Instagram. Tapi, tak menutup kemungkinan, produk kebutuhan laki-laki juga bisa laku.

2. Tonjolkan brand image

Ketika akan berjualan, brand juga menjadi prioritas kebutuhan wajib yang harus disiapkan. Terlebih, saat membangun profil instagram agar dapat menarik perhatian. Feeds Instagram juga tak boleh luput dari perhatian. Cobalah menyelaraskan brand dengan tone warna foto yang akan diunggah. Pasti kece deh!

3. Follow calon konsumen dari pasar yang sama

Lingkup pengguna Instagram cukup luas dan beragam. Strategi satu ini terbilang berpeluang besar berhasil. Jangan gengsi untuk mengikuti akun pengguna instagram dari akun bisnis lain. Beri batasan jumlah per hari. Contohnya, dalam sehari follow 30 orang, hari berikutnya 30 orang lagi.

4. Intens berinteraksi dengan audiens

Ada berbagai cara untuk berinteraksi dengan audiens. Bisa mulai dari hal sederhana yakni membalas komentar. Selain itu, membuat mini quiz dan giveaway juga bisa menjadi cara lain untuk berinteraksi dengan audiens.

Nah, apabila penjual terus memberikan kesempatan interaksi dengan audiens, maka akan berdampak pada jumlah followers, pembeli atau cakupan lainnya. Bolo warmo juga bisa memanfaatkan akun promotor, salah satunya di akun Instagram @WartaBromo saat akan melakukan mini quiz atau giveaway. Syarat-syaratnya cek di sini ya.

5. Perkuat isi konten

Penjual harus lebih memperkuat isi konten. Jangan hanya berfokus pada produk. Coba untuk memperluas dan memperkuat konten dengan menceritakan kelebihan, keunikan, atau filosofi produk yang ditawarkan.

Selain bercerita, konten infografis juga bisa menjadi pilihan. Grafis yang diunggah merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan produk yang dijual. Konten ucapan saat hari-hari penting pun bisa digunakan untuk memperkuat memperluas jangkauan. (bel/may)