Mitos Keranda, ‘Kendaraan’ Menuju Tempat Peristirahatan Terakhir

18522

Pasuruan (Wartabromo.com) – Keranda merupakan ‘kendaraan’ menuju peristirahatan terakhir. Meski bentuknya sederhana dan terkesan tak ada yang spesial, keranda sering dikaitkan dengan hal mistis yang menyimpan mitos.

Apa saja ya mitosnya?

1. Kerada berisik tanda kematian datang

Mitos ini pasti banyak yang mengetahui. Beberapa sumber menyebutkan, apabila mendengar suara berisik dalam ruangan berisi keranda, hal tersebut dipercaya sebagai tanda kematian. Artinya, tak lama lagi akan ada seseorang yang meninggal.

2. Mimpi keranda, tanda hal buruk

Mimpi buruk memang bisa terjadi kapan saja dibawah alam sadar. Mimpi yang berkaitan dengan keranda misalnya. Bisa jadi, ada pertanda buruk akan datang. Mulai dari rejeki seret, susah jodoh hingga isyarat kematian diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga :   Menelisik Sejarah Santet di Indonesia

3. Keranda terbang dan mengeluarkan bau harum

Mustahil?
Mungkin itu yang terlintas ketika mendengar mitos satu ini. Namun, siapa sangka kalau ada yang mengaku pernah melihat peristiwa keranda terbang lho.

Konon, jika melihat keranda terbang berbau wangi bunga atau kapur barus khas jenazah, tandanya akan ada yang meninggal. Terlebih, ketika tiba-tiba ada keranda di depan rumah. Hal tersebut diyakini sebagai panggilan kematian untuk salah satu penghuninya.

Serem juga ya? Tapi, percaya gak percaya sih.

4. Dilarang tidur di atas keranda

Kalau ini mah, kerjaan orang gabut. Ngapain coba, tidur di atas keranda.

Mitosnya, barang siapa tidur di atas keranda, maka ia bakal dihantui sejadi-jadinya. Bukan hanya lewat mimpi, tapi juga di waktu-waktu tak terduga. Pasalnya, keranda lekat dengan kematian. Perlakukan dengan baik, termasuk tidak menjadikannya lelucon.

Baca Juga :   Kisah Endang Sukarni dan Mitos Desa-Desa di Danau Ranu Grati (Bagian 1)

Terlepas dari deretan mitos tersebut, ada baiknya mengambil makna tersirat dibaliknya. Jadikan keranda sebagai pengingat kematian, agar selau bertindak sesuai ajaran. (bel/may)