Cerita Petani Organik, Lebih Untung dan Jadi Pahlawan Kesuburan Tanah

5665
“Alam kita sudah terkontaminasi banyak dengan bahan-bahan kimia. Akhirnya nanti tanah kita jadi tidak subur lagi. Tapi dengan menjadi petani organik, kita juga sebagai pahlawan mengembalikan kesuburan tanah yang ada di alam kita.”

Laporan : Maya Rahma, Fs Fahmi

SAAT menginjakkan kaki di Kota Lumajang, hamparan sawah berwarna hijau masih terhampar luas. Segar, alami, diapit dengan berbagai bangunan megah di sampingnya.

Jika terus melaju ke Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, berhektare sawah dengan tanaman padi juga masih bisa dijumpai. Bahkan, sebagian dari hasil pertaniannya pun organik.

Berpetak-petak sawah ini salah satunya milik Juwariyah. Petani organik yang masuk dalam kelompok tani Alam Subur di Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono.

Baca Juga :   Efektif Tangkal Hama, PLN Dorong Petani Bawang Merah Gunakan Light Trap

“Saya sejak tahun 2015 sudah berkecimpung di tanaman organik, terutama tanaman padi,” jelasnya.

Ya. Di saat petani bercocok tanam masih bertahan menggunakan zat kimia atau non organik, Juwariyah memilih pertanian yang mulai tak diminati lagi. Ia pun mengungkap berbagai alasan memilih bertani dengan cara organik.

“Yang pertama pastinya lebih sehat, bagi kita yang mengkonsumsinya. Yang kedua, lebih murah dibanding kalau kita harus membeli pupuk-pupuk kimia,” terang Juwariyah.

Perempuan murah senyum ini memaparkan, di saat petani bingung karena pupuk kimia yang sulit didapatkan, Ia tak punya keluhan sedikit pun. Sebab mendapatkan pupuk organik jelas jauh lebih mudah.

Meski Juwariyah juga mengaku, peralihan dari non-organik ke organik juga tak sepenuhnya mudah. Salah satunya dalam hal profit atau hasil pertanian.

Baca Juga :   Para Petani Kota Pasuruan Dapat 39 Handtractor Gratis

Katanya, keuntungan awal yang dihasilkan tak begitu signifikan. Namun setelah terus menerus, hasil panen yang didapatkan ternyata jauh lebih tinggi.

“Kalau kimia tok, itu 1 hektare hanya 4,5-5 ton. Namun kalau kita organik, lama kelamaan kan meningkatkan kesuburan tanah, hasilnya bertambah sekitar 1-2 ton per hektare (total hasil panen 1 hektare sawah menjadi sekitar 7 ton, red),” tambahnya.

Wanita berhijab ini kemudian mengungkapkan kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki pertanian organik. Seperti beras menjadi lebih pulen jika ditanak, kemudian bobot beras lebih berat.

Perempuan yang juga merupakan koordinator penyuluh petani ini berharap, petani-petani di Lumajang beralih ke pertanian organik. Sebab, lahan pertanian saat ini sudah mulai rusak, karena kebanyakan bahan kimia.

Baca Juga :   Berkah Bertani Tomeo, Sayur Mahal dengan Perawatan Mudah

“Alam kita sudah terkontaminasi banyak dengan bahan-bahan kimia. Akhirnya nanti tanah kita jadi tidak subur lagi. Tapi dengan menjadi petani organik, kita juga sebagai pahlawan mengembalikan kesuburan tanah yang ada di alam kita,” tutupnya.(*)