Begini Langkah Mudah Belajar dengan Google Classroom Tanpa Internet

1825

Pasuruan (WartaBromo.com) – Belajar secara daring melalui Google Classroom, menjadi solusi dikala pandemi tak kunjung berakhir. Hal ini pula yang membuat wali siswa dibikin pusing karena menghabiskan kuota internet. Padahal, ada cara yang bisa dilakukan supaya pembelajaran tak perlu kuota intenet.

Dalam blog Google dijelaskan, pembelajaran menggunakan Google Classroom tak hanya bisa dilakukan secara online atau menggunakan kuota internet.

“Bekerja online atau offline, kapan pun, dan di perangkat apa pun dengan G Suite untuk Pendidikan. Gunakan fitur ini untuk mendorong kolaborasi, kreativitas, dan cara berpikir kritis, serta bekerja secara individual atau dengan seluruh kelas,” jelasnya.

Caranya pun cukup mudah. Sekolah harus menunjuk tim IT untuk menjadi admin pada G Suite. Nantinya admin inilah yang bisa mengatur akses bagi guru dan siswa dalam pembelajaran. Kemudian, admin IT bisa melakukan langkah berikut ini:

  1. Aktifkan akses offline, baik untuk siswa atau guru melalui fitur pada konsol admin G Suite.
  2. Guru dan siswa kemudian mengunduh ekstensi Google Docoments Offline di peramban Google Chrome. Hal ini supaya pengguna bisa mengakses fitur Google Drive, Documents, Slide hingga Spreadsheet tanpa perlu mengaktifkan paket data.
  3. Setelah semua terunduh, pengguna baik siswa atau guru harus mengaktifkan fitur offline.

Setelah semua langkah dipenuhi, admin G Suite harus memastikan fitur ini berjalan maksimal, atau dilakukan pengujian. Caranya, dengan mencoba beberapa fitur seperti mengunduh materi di Google Classroom, membaca email dan lain-lain. Jika semua lancar, maka dipastikan Google Classroom Offline sudah bisa digunakan.

Siap mencoba? (may/ono)