Seorang Pejabat Pemkot Probolinggo Positif Covid-19

1771
Kantor Wali Kota Probolinggo.

Kanigaran (wartabromo.com) – Seorang pejabat di lingkungan Pemkot Probolinggo, dikabarkan positif Covid-19. Pejabat tersebut, informasinya berasal dari bagian perekonomian.

Informasi yang dihimpun, sejumlah pejabat sebelumnya dinyatakan reaktif, setelah menjalani rapid test. Di antara pejabat itu adalah Camat Wonoasih, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak. Namun berdasarkan hasil swab, beberapa hasilnya negatif dan satu tes swab menunjukkan kesimpulan positif Covid-19.

Wakil Wali Kota Probolinggo, HMS. Subri membenarkan, jika ada salah satu kepala OPD di Pemkot Probolinggo yang positif Covid-19. Pun demikian, ia tidak menyebut siapa dan di bagian mana pejabat itu bertugas. “Eksekutif (OPD) satu orang, legislatif (DPRD) satu orang. Dua-duanya saat ini dengan kondisi fisik yang baik,” kata Subri, Kamis (22/7/2020).

Masih menurut Subri, sejauh ini pihaknya sudah melakukan upaya terbaik. Mulai dari tracing, sampai karantina mandiri untuk bagian yang ada konfirmasi positif Covid-19. “Jika Anda bilang bagian perekonomian, memang benar, saat ini sedang melaksanakan work from home (WFH),” sebutnya.

Kebijakan lockdown atau WFH, juga diterapkan DPRD setempat. Seluruh staf dan anggota dewan, menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Kebijakan itu, menurut Subri, sebagai proteksi agar penyebaran Covid-19 tidak meluas.

Data perkembangan Covid-19 di Kota Probolinggo per 21 Juli 2020 yang dirilis Dinas Kesehatan P2KB menunjukkan adanya konfirmasi positif 2 orang dan sembuh 1 orang. Total pasien positif sebanyak 163. Mereka dirawat di Kota Probolinggo 43 orang (RSUD dr Mohamad Saleh 9 orang, gedung isolasi 8 orang, dari sebelumnya isolasi 26 orang).

Kemudian pasien dirawat di Surabaya 1 orang dan di Situbondo 1 orang. Pasien sembuh 113 orang dan meninggal dengan status Covid ada 5 orang. (lai/saw)