Kasus Konfirmasi Terus Bertambah, Dewan Minta Pemkot Segera Beli Mesin PCR

1577
Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Dedy Tjahjo Poernomo.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Penambahan pasien konfirmasi Covid-19 yang cukup tinggi di Kota Pasuruan belakangan memantik respon dari DPRD Kota Pasuruan. Dewan meminta Pemkot untuk segera membeli mesin Polymrase Chain Reaction (PCR).

Desakan ini datang dari Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Dedy Tjahjo Poernomo. Ia mengatakan, pembelian mesin PCR ini dinilai penting agar penanganan Covid-19 di Kota Pasuruan lebih cepat.

“Kalau punya sendiri kan gak perlu kirim ke Malang terus antre-antre nunggu hasilnya,” kata Dedy kepada WartaBromo, Senin (27/07/2020).

Dedy sendiri mengaku sudah menyampaikan hal ini kepada Pemkot dalam beberapa kali rapat Pansus Covid-19. Dan menurutnya, Pemkot sudah menyanggupi untuk membeli mesin PCR.

Selain itu, lanjut Dedy, hasil refocusing dan realokasi anggaran yang sudah dialihkan Pemkot untuk penanganan Covid-19 di Kota Pasuruan dinilai masih cukup untuk membeli mesin PCR tersebut.

“Pendanaan kita sudah sangat mampu. Ada dananya. Sekarang ini serapannya paling masih di bawah 50 persen,” imbuh Deddy.

Untuk diketahui, saat ini pasien konfirmasi Covid-19 di Kota Pasuruan, berdasar data Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, per Minggu (26/07/2020) berjumlah 177 pasien.

Peningkatan kasus konfirmasi positif di Kota Pasuruan belakangan ini memang cukup tinggi. Hal ini juga yang menyebabkan Kota Pasuruan saat ini masih berstatus zona merah di Jawa Timur bersama Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. (tof/may)