Siap-siap Cek Rekening, Hari Ini Gaji 13 Mulai Cair

1460

Jakarta (WartaBromo.com) – Kabar gembira untuk Pegawai Negeri Sipil pada minggu ke dua bulan Agustus. Hari ini, gaji ke-13 PNS, TNI, Polri hingga pensiunan mulai cair.

“Mulai Jumat lalu (satker –satuan kerja- sudah mengajukan). Hari ini mulai dibayar,” ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Andin Hadiyanto dinukil dari CNN.

Penjadwalan ini sesuai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020. Sehingga proses pengajuan juga terus bergulir dari satker.

“Masih bergerak terus (realisasi pencairan). Nanti sore, saya update,” tambahnya.

Sekadar diketahui, pencairan gaji 13 terlambat karena pandemi Covid-19. Biasanya cair Juli, namun baru bisa cair bulan ini. Selain itu, komponen gaji yang akan cair yakni gaji pokok dan tunjangan melekat (untuk keluarga dan jabatan). Tunjangan kinerja tak diberikan pada tahun ini.

Baca juga: Segera Cair, Segini Besaran Gaji ke 13 PNS

“Kebijakan gaji ke-13 dan pensiun ini kami melaksanakan kebijakan THR yang sudah dilakukan Mei lalu, yakni tidak diberikan pada pejabat negara, pejabat eselon I dan II, dan pejabat setingkat. Namun, gaji dan pensiun ke-13 diberikan ke seluruh ASN, TNI, Polri yang tidak masuk dalam kategori tadi,” jelas Sri Mulyani, Menteri Keuangan beberapa waktu lalu. (may/ono)