Heboh Sungai di Gempol Dipenuhi Busa

1908

Gempol (WartaBromo.com) – Sebuah sungai yang mengalir di dua desa di Kecamatan Gempol mendadak dipenuhi busa. Kondisi busa bikin heboh ini diduga berasal dari pabrik yang sudah tak beroperasi.

Camat Gempol, Nur Kholis menuturkan, sungai tersebut mengalir di Desa Sumbersuko dan Desa Wonosari. Busa itu menutupi di sepanjang setengah kilometer permukaan sungai.

Buih-buih busa itu mula-mula diketahui sejak tadi malam, Kamis (13/08/2020). Namun, kata Kholis, busa itu tidak menggumpal tinggi sehingga warga menganggapnya biasa.

Rupanya volume buih-buih itu tadi malam makin banyak, sehingga pada pagi harinya warga kaget melihat gumpalan busa yang cukup tinggi. Sontak sejumlah warga mengabadikannya dengan kamera ponselnya.

Penelusuran asal muasal darimana gumpalan busa itu pun telah dilakukan. Menurut Kholis, gumpalan busa itu diduga berasal dari sebuah pabrik yang saat ini sudah tak beroperasi.

“Dugaannya dari pabrik yang sudah tak terpakai. Bekas pabrik itu oleh penjaganya disewakan ke orang lain dan dibuat lokasi pencucian tong-tong,” kata Kholis kepada WartaBromo, Jumat (14/08/2020).

Bekas pabrik itu sendiri letaknya di Desa Sumbersuko. Gumpalan busa yang memenuhi sungai itu, kata Kholis, belum pernah terjadi sebelumnya dan baru kali ini terjadi. Sementara air sungai itu oleh warga digunakan untuk mengairi sawah.

Kholis melanjutkan, tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan disebutnya sudah terjun untuk meninjau lokasi. Namun belum diketahui apa hasilnya.

“Tadi sudah ada dari DLH meninjau ke lokasi. Tapi saya belum tahu hasilnya,” pungkas Kholis. (tof/ono)