Mencicipi Nikmatnya Es Krim Batok Kelapa Merdeka

1721

Mayangan (wartabromo.com) – Beragam kreasi ditunjukkan masyarakat dalam menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Salah satu café di jalan panjaitan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, menyuguhkan menu spesial es krim batok merdeka.

Terletak di tepi jalan protokol, es krim batok merdeka, kini sedang digandrungi kawula muda Kota Probolinggo. Sajian kuliner yang menyuguhkan es krim merah putih, dipadukan dengan aneka buah segar, dan juga bendera merah putih ini, sukses membuat penikmatnya ketagihan.

Pemilik cafe, Erista Finanda mengaku, sengaja membuat es krim batok kelapa merdeka untuk menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Meski dalam masa pandemi covid-19, diharapkan semangat merayakan HUT kemerdekaan tetap menggelora di tengah masyarakat.

Baca Juga :   Ulat "Es Krim" Serang Sengon Warga Probolinggo

“Bertepatan dengan momen kemerdekaan ini kali ya, makanya kami berusaha cari menu yang eye-cathcing. Terbukti banyak anak muda yang suka karena bentuknya. Instagramable pula,” ujar wanita 35 tahun ini, Kamis (20/8/2020).

Untuk membuat es krim batok merdeka ini sebenarnya cukup mudah. Dimulai dari batok atau tempurung kelapa muda yang telah dikupas dan diserut dagingnya. Sedangkan air kelapa dibuat sebagai bahan baku es batu.

Kemudian, es batu yang sudah diserut ini dimasukkan ke dalam batok kelapa yang sudah dihiasi pita merah putih. Setelah itu dituang sirup agar terasa manis dan aroma menyegarkan.

Baru kemudian dimasukkan es krim merah yang berbahan dasar buah naga dan es krim putih yang memiliki rasa vanila. Lalu, semua topping, mulai dari daging kelapa yang sudah diserut, Mutiara dan buah cerry. Puncaknya adalah ditancapkan bendera merah putih kecil sebagai penanda HUT RI ke 75.

Baca Juga :   Nongkrong Asyik di Omah`e Dewe Cafe

Pengunjung pun menyatakan rasa takjub dengan kreasi unik dan menarik ini. Selain berbahan dasar alami, semua ornamen yang dipakai dalam es krim ini bisa membuat bangga menjadi bangsa Indonesia.

“Baru kali ini ya merasakan dan itu sangat enak sekali. Satu porsi ini bahkan bisa dimakan berdua. Cocoklah untuk berduaan sama pasangan,” sebut salah satu pengunjung,  Tri Amelia.

Bagaimana bolo warmo, Anda tertarik mencobanya? Cukup rogoh kocek sebesar Rp 23 ribu untuk porsi double scop es krim, yang bisa dinikmati berdua. Atau Rp 18 ribu untuk satu scop es krim, alias dinikmati sendiri. Menyantap es krim batok merdeka akan semakin meriah jika bareng teman dekat atau keluarga tercinta. (lai/saw)