Bukan Pandaan, Manakah Kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang Paling Padat?

3130
BUKAN TERPADAT: Wilayah Kecamatan Pandaan diambil dari google earth.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Manakah kecamatan di Kabupaten Pasuruan dengan penduduk terpadat? Sebagian dari Anda mungkin akan menyebut Pandaan atau Gempol.

Tapi, jawaban itu tak tepat. Kedua kecamatan di wilayah barat Kabupaten Pasuruan itu memang memiliki jumlah penduduk paling banyak. Masing-masing di atas 100 ribu.

Kendati memiliki penduduk terbanyak dibanding kecamatan lain, keduanya buka bukan sebagai kecamatan terpadat. Sebab, predikat itu disandang oleh Kecamatan Pohjentrek.

Konsep penghitungan kepadatan penduduk didasarkan pada banyaknya penduduk per kilometer persegi. Rumusnya sederhana: jumlah penduduk dibagi luas wilayah kecamatan..

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pasuruan, jumlah penduduk Kecamatan Pandaan pada 2019 lalu mencapai 128 ribu orang.

Tapi, dengan luas wilayah yang mencapai 43, 27 kilometer, kepadatan penduduk di Kecamatan Pandaan adalah 2. 978 orang per kilometer persegi.

Bandingkan dengan Kecamatan Pohjentrek. Dengan luas wilayah tak sampai 1 persen dari total luas kabupaten, tepatnya 11, 88 kilometer persegi, Pohjentrek memiliki 56 ribu penduduk.

Dengan kata lain, jika dibuat rata-rata, setiap 1 kilometer persegi wilayah Pohjentrek, terdapat 4. 719 orang (penduduk).

Di sisi lain, dengan luas yang hanya 11, 88 kilometer persegi, Pohjentrek tercatat sebagai kecamatan di Kabupaten Pasuruan dengan wilayah paling sempit dari 24 kecamatan yang ada. Sementara Gondang Wetan, di urutan kedua dengan luas 26, 25 kilometer persegi. (don/asd)