Cara Hemat Paket Data di Smartphone

1271

Pasuruan (WartaBromo.com) – Internet saat ini menjadi kebutuhan primer penggunanya. Hal ini pula yang membuat kuota data cepat tersedot habis.

Lalu, gimana cara supaya tak boros dalam menggunakan paket data?

Wartabromo telah merangkum berbagai sumber, cara hemat paket data. Simak yuk!

1. Ubah update aplikasi jadi ‘Wifi Only’

Di beberapa smartphone, seringkali update aplikasi bermode otomatis. Artinya, handphone bisa langsung mengupdate aplikasi meski internet menggunakan paket data. Padahal, sekali update bisa menghabiskan puluhan Mb lho.

Untuk itu, pengguna harus mematikan fitur otomatis pada pengaturan update aplikasi. Baik di smartphone, maupun di appstore. Ubah jadi ‘wifi only’ atau izin terlebih dahulu untuk bisa update. Dengan itu, puluhan mb paket data bisa terselamatkan.

2. Matikan paket data saat akan tidur

Mematikan paket data bisa jadi pilihan saat pengguna akan tidur di malam hari. Selain membuat tidur lebih berkualitas, bisa digunakan untuk menghemat data.

Sebab, pada malam hari handphone yang tersambung internet masih tetap melalukan tugasnya. Misalnya menampilkan notifikasi pesan atau sosial media yang masuk. Tentu saja hal itu juga menyedot kuota internet.

3. Ubah aturan download otomatis foto dan video di WhatsApp

Aplikasi pesan instan Whatsapp masih jadi primadona. Nah, fitur auto download foto dan video pada aplikasi ini bisa jadi menyedot banyak kuota lho. Apalagi jika foto dan video ini dikirim ke WAG yang sayangnya kurang penting.

Pengguna bisa lari ke fitur setting untuk mematikan fitur auto download foto dan video ini. Sebagai gantinya, kita hanya mengunduh foto/video yang dianggap butuh atau penting saja. Kuota aman, memori handphone juga terjaga.

4. Aktifkan fitur hemat data

Smartphone masa kini sudah mulai memiliki fitur hemat data lho bolo! Coba bolo warmo cari di menu setting dan temukan fitur tersebut. Setelah itu, aktifkan fitur hemat data, mau yang biasa atau ultra hemat data.

Smartphone secara otomatis akan mengurangi pemakaian data yang tidak penting, seperti notifikasi berbagai aplikasi.

5. Batasi data

Terakhir, pengguna bisa atur batas penggunaan data pada handphone. Masih dari menu setting, pengguna bisa memilih dalam satu bulan atau satu hari hanya akan menggunakan berama giga data.

Nantinya akan ada peringatan jika pemakaian data sudah mencapai ambang batas. Sehingga kita bisa berhenti scroll feed Instagram atau fitur story, jika sudah ada peringatan ini. (may/ono)