Hore! 6.507 Honda di Kabupaten Probolinggo Bakal Terima BSU

2025

Kraksaan (wartabromo.com) – Sebanyak 6.507 orang tenaga honorer (honda) di Kabupaten Probolinggo mendapatkan bantuan subsidi upah (BSU). Nomor rekening juga telah dilaporkan untuk mendapat dana Rp600 ribu per bulan.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo mengungkap 6.507 orang itu, merupakan honorer atau GTT dan PTT, bukan PNS dan pegawai BUMN/BUMD. Rekening yang terdaftar dipastikan sudah tervalidasi.

“Semuanya alhamdulillah sudah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Semoga subsidi gaji ini dapat membantu karyawan honorer dalam meringankan kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari di masa pandemi ini,” kata Tutug pada Rabu, 9 September 2020.

Mereka akan menerima transferan dana sebesar Rp600 ribu per bulan. BSU ini diberikan selama 4 bulan berturut-turut. “Sedangkan skema pencairan atau transfer dananya dilakukan sebanyak dua kali atau dua bulan sekaligus. Dengan kata lain, tiap honorer bisa mendapatkan total Rp2,4 juta,” terang mantan Kepala Bappeda itu.

Baca Juga :   Harga Pertalite Kini Setara Premium, hingga APBD Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 Rawan Jebol | Koran Online 12 Nov

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perwakilan Probolinggo Rofiul Masyhudi mengatakan, semua pekerja non ASN dan BUMN dengan gaji dibawah Rp5 juta berhak untuk mendapatkan BSU. Artinya pegawai honorer juga berhak diajukan untuk menerima subsidi gaji tersebut.

Seusai rapat koordinasi dan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Bupati Probolinggo pada Kamis (27/8/2020), pihaknya langsung menindaklanjutinya. Dengan melakukan validitas internal atas data kepesertaan yang memenuhi kriteria. Seperti yang tertera pada Permenaker 14/2020.

“Di antaranya adalah terkait keaktifan kepesertaan BPJAMSOSTEK, batas maksimal upah yang ditetapkan, dan memastikan calon penerima BSU ini benar-benar dari kategori penerima upah (PU),” jelasnya. (saw/ono)