Yuk Ciptakan Hunian Tenang dan Nyaman

617

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Tempat tinggal yang tenang pasti menjadi dambaan setiap orang. Namun, tak sedikit orang yang merasa rumahnya kurang nyaman.

Padahal, suasana nyaman itu diciptakan sendiri oleh penghuni rumah. Lantas, bagaimana cara menciptakan rumah yang tenanng nan nyaman?

1. Pencahayaan

Mengutip kompas, mengatur cahaya yang masuk ruangan penting untuk memberikan rasa tenang. Pasalnya, cahaya yang kurang pas dapat memicu kegelisahan.

Cahaya yang dimaksud disini termasuk lampu dan sinar matahari. Jika pencahayaan lampu bisa disiasati dengan pemilihan jenis lampu yang tepat, berbeda dengan sinar matahari. Penempatan sinar mataharilah yang harus menjadi perhatian.

2. Ciptakan nuansa alam

Bukan rahasia lagi apabila nuansa alam memberi efek ketenangan. Hal ini bisa disiasati dengan menambahkan taman, kolam kecil untuk menciptakan suasana damain dan tenang.

3. Warna yang menenangkan

Menurut David Mann, MR Architecture and Decor, warna menjadi salah satu sarana paling mudah untuk memanipulasi suasana hati dalam suatu ruang. Warna pastel, dikenal membawa efek menenangkan. Tentu, ini bukanlah mutlak.

Kombinasi warna lain juga diperbolehkan. Warna yang dianjurkan tadi, bisa digunakan untuk tempat tertentu.

4. Ruang tenang adalah ruang yang berfungsi

Saat membangun rumah, pastikan menciptakan ruang yang berfungsi. Itu perlu dilakukan lantaran dapat membuat rumah seakan menjadi pendukung ketika beraktivitas dan tidak melakukan ‘perlawanan’.

So, menjadikannya lebih fungsional akan memiliki dampak kumulatif yang cukup besar dalam hal ketenangan.

5. Tambahkan aromaterapi

Aroma, sentuhan, bahkan suara ternyata dapat meningkatkan ketenangan sama halnya tampilan visual. Aromaterapi bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan rasa tenang dan nyaman. Bisa juga dengan meletakkan seikat bunga segar.

6. Rapikan ruangan

Kalau yang satu ini, harusnya cukup mudah untuk dilakukan. Rumah yang rapi tentu lebih enak dipandang daripada berantakan. Rumah berantakan biasanya bisa mendatangkan mood yang berantakan pula.

Selamat mencoba. (bel/ono)