Ini Daftar Makanan ‘Ramah’ Asam Lambung

1274

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Produksi asam lambung berlebih biasanya dipicu oleh makanan. Jenis makanan pedas dan asam menjadi ‘kandidat terkuat’ pemicu naiknya asam lambung.

Lantas, makanan apa saja yang aman dikonsumsi untuk meredakan asam lambung?

1. Jahe

Empon-empon satu ini merupakan obat tradisional yang cukup populer. Manfaat jahe yang dikenal yakni merupakan obat alami sakit perut serta gangguan pencernaan lainnya. Pasalnya, jahe memiliki sifat anti inflamasi alami.

2. Sayuran

Mengutip detik, berbagai jenis sayuran hijau, brokoli, kembang kol, asparagus, atau timun bisa menjadi pilihan untuk meredakan gejala asam lambung. Tak hanya itu, kacang-kacangan seperti kacang hijau atau kentang yang masuk dalam jenis umbi-umbian juga dapat dijadikan makanan alternatif pereda asam lambung.

3. Buah non sitrus

Selain sayuran, buah non sitrus juga menjadi pilihan makanan yang ramah dengan asam lambung. Buah yang dimaksud, bisa melon, pisang, apel atau pir.

4. Daging dan seafood rendah lemak

Dada ayam, ikan atau seafood rendah lemak juga dinilai dapat mengurangi rasa sakit ketika asam lambung naik. Meski aman dimakan ketika asam lambung sedang naik, cara memasaknya harus diperhatikan. Bisa dengan proses memanggang atau direbus.

5. Lemak sehat

Bukan hanya daging dan seafood rendah lemak saja yang dianjurkan, tapi lemak sehat diperbolehkan lho. Ya, ketika asam lambung naik, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh.

Apa saja lemak sehat yang boleh dimakan? Mereka terdiri dari minyak zaitun, minyak wijen, minyak bunga matahari serta alpukat.

6. Putih telur

Telur memang kaya protein, namun yang aman dimakan ketika asam lambung naik hanya putih telurnya saja. Jadi, sebisa mungkin menghindari kuning telur yang kandungan lemaknya tinggi. Hal

7. Oatmeal

Biasanya, oatmeal sering dijadikan menu sarapan. Kandungan seratnya yang tinggi membuat oatmeal baik untuk menurunkan risiko asam lambung. Selain oatmel, pilihan lain yang serupa yakni roti gandum. (bel/ono)