Pemkab Probolinggo Diganjar Penghargaan Kinerja Sangat Tinggi

1279

Surabaya (WartaBromo.com) – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Yakni Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Status Kinerja Sangat Tinggi berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018.

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari menerima penghargaan dari Pemerintah pusat itu, melalui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Diserahkan langsung bersama 37 kepala daerah se-Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat (16/10/2020).

Untuk Penyelenggaraan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Pemkab Probolinggo mendapat skor 3,2270. Setelah melalui Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) pada tahun 2019.

Hasil itu, kemudian dibahas dalam Rapat Kinerja Penyelanggaraan Pemerintahan Daerah (RKPPD) tahun 2020. Dokumen proses EKPPD tahun 2020 tersebut, diserahkan pada 4 hingga 8 Oktober 2020.

Baca Juga :   Tak Bergerak, Kemiskinan Kabupaten Probolinggo Masih di Lima Besar Jatim

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa Hasil LPPD 2018 melalui EKPPD 2019 dan saat EPPPD tahun 2020 pada 7 Oktober, Jawa Timur memiliki indeks tertinggi dari seluruh provinsi se Indonesia.

“Semua kategori kabupaten dan kota tergolong sangat tinggi. Hal ini disebabkan komitmen semuanya berseiring terus mengikuti visi misi nasional, dengan visi misi provinsi dan Bupati maupun Walikota,” sebutnya.

Karenanya, Khofifah menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh bupati dan wali kota di Jawa Timur. Bahwasannya kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur diukur berseiring dengan pemerintah pusat. Mulai dari Rencana Kerja Bersama (RKB) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Visi misi yang dihitung, diukur, dinilai dan dievaluasi terdapat konsistensi antara nasional, provinsi dan kabupaten dan kota,” tandas ketua umum Muslimat NU itu.

Baca Juga :   Dana Covid-19 Terserap Rp63,6 Miliar

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mengatakan capaian itu, bukan capaian pribadinya melainkan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Probolinggo. Sehingga ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mereka.

“Karena penghargaan ini menunjukkan kinerja Pemerintah Kabupaten Probolinggo beserta jajarannya yang telah berhasil memenuhi ekspektasi masyarakat dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih,” katanya.

ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo, kata Tantri, tak boleh jumawa dengan penghargaan itu. “Perlu diperkuat jalinan komunikasi dan sinergitas dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan professional dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan aturan perundang-undangan,” sebut istri Hasan Aminuddin itu. (saw/**)